Endometriosis

Nyeri Panggul Parah saat Menstruasi Bisa Jadi Tanda Endometriosis

Banyak perempuan mengalami rasa sakit di daerah panggul selama menstruasi. Kondisi ini bisa jadi gejala endometriosis.

Featured-Image
Endometriosis biasanya dirasakan lewat rasa sakit yang berlebihan ketika menstruasi. Foto: peakSTOCK /istock photo

bakabar.com, JAKARTA –  Banyak perempuan mengalami rasa sakit di daerah panggul selama menstruasi. Kondisi ini bisa jadi gejala endometriosis.

Rasa sakit yang timbul ketika menstruasi dapat bervariasi. Salah satunya adalah sakit di area panggul. Namun hal ini tidak boleh dianggap sepele jika terus menerus dirasakan.

Melansir World Health Organization, endometriosis merupakan suatu kondisi di mana jaringan yang menyerupai lapisan rahim tumbuh di luar rahim, yang dapat mengakibatkan nyeri panggul yang parah dan menghambat kemampuan untuk hamil.

Ilustrasi endometriosis. Foto: Elena Yakovlieva/istock photo
Ilustrasi endometriosis. Foto: Elena Yakovlieva/istock photo

Endometriosis bisa dimulai sejak menstruasi pertama seseorang dan berlanjut hingga masa menopause.

Baca Juga: Siklus Menstruasi Telat, Bisa jadi Itu Tanda Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Dalam kasus endometriosis, jaringan yang menyerupai lapisan rahim tumbuh di luar rahim, mengakibatkan peradangan dan pembentukan jaringan parut di area panggul, dan jarang terjadi di bagian tubuh lainnya.

Meskipun penyebab endometriosis masih belum diketahui, belum ada metode yang diketahui untuk mencegahnya. Meski tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan sepenuhnya, gejala endometriosis dapat dikelola dengan obat-obatan atau, dalam beberapa situasi, melalui tindakan pembedahan.

Gejala Endometriosis
Tanda-tanda utama dari endometriosis adalah nyeri panggul, terutama terkait dengan menstruasi. Meskipun sebagian besar wanita mengalami kram perut saat menstruasi, individu yang menderita endometriosis sering menggambarkan rasa sakit menstruasi yang jauh lebih parah dibandingkan dengan yang biasa mereka rasakan. Rasa sakit ini juga bisa menjadi lebih intens seiring berjalannya waktu.
Rasa sakit pada panggul yang terus menerus dapat menjadi gejala Endometriosis. Foto: Povozniuk/istock photo
Rasa sakit pada panggul yang terus menerus dapat menjadi gejala Endometriosis. Foto: Povozniuk/istock photo

Beberapa tanda dan gejala umum endometriosis, dikutip dari Healthline meliputi:

Periode Menstruasi yang Menyakitkan (Dismenore)
 Nyeri dan kram panggul dapat dimulai sebelum menstruasi dan berlanjut beberapa hari setelahnya. Selain itu, nyeri juga bisa merambat ke bagian bawah punggung dan perut.

Nyeri Saat Buang Air Besar atau Buang Air Kecil
Biasanya, gejala ini muncul selama periode menstruasi.

Pendarahan Berlebihan
Terkadang, Anda bisa mengalami periode menstruasi yang sangat berat atau bahkan pendarahan di antara periode (perdarahan antar menstruasi).
Baca Juga: Meredakan Nyeri Haid Menstruasi
Infertilitas
Pada beberapa kasus, endometriosis pertama kali terdeteksi pada wanita yang mencari pengobatan karena kesulitan hamil.

Nyeri Saat Berhubungan Seks
Nyeri selama atau setelah berhubungan seks sering terjadi pada individu dengan endometriosis.

Tanda dan Gejala Lainnya
Terkadang, gejala endometriosis juga mencakup kelelahan, diare, sembelit, perut kembung, atau mual, terutama selama menstruasi.

Tingkat keparahan nyeri yang dialami oleh setiap individu mungkin tidak selalu menjadi indikator yang dapat diandalkan untuk menilai sejauh mana endometriosisnya.

Seseorang bisa memiliki endometriosis ringan dengan nyeri yang sangat parah atau sebaliknya, memiliki endometriosis yang lebih parah dengan sedikit atau tanpa rasa sakit.

Kapan Harus Menemui Dokter?
Jika Anda mengalami tanda dan gejala yang mungkin menunjukkan adanya endometriosis, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Endometriosis dapat menjadi kondisi yang menantang untuk diatasi. Namun, dengan diagnosis yang ditegakkan lebih awal, melibatkan tim medis multidisiplin, dan memahami dengan baik kondisi Anda, Anda dapat mengharapkan penanganan gejala yang lebih efektif.

Editor


Komentar
Banner
Banner