Barang Tertinggal 2023

Nilai Barang Tertinggal di Stasiun KA Daop 2 Nyaris Rp1 Miliar!

Selama periode Januari–Desember 2023 ada 820 barang tertinggal di stasiun di wilayah Daop 2. Adapun estimasi nilai barang Rp947.355.000 yang berhasil diamankan

Featured-Image
Tips Saat Barang Tertinggal di Stasiun atau di Atas KA. Foto: Humas Daop 2 Bandung

bakabar.com, BANDUNG - Selama periode Januari–Desember 2023 ada 820 barang tertinggal di stasiun di wilayah Daop 2. Adapun estimasi nilai barang Rp947.355.000 yang berhasil diamankan petugas dan telah di masukan pada database sistem Lost and Found.

Manager Humas Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi mengatakan meningkatnya volume angkutan kereta api berdampak juga pada meningkatnya jumlah data barang tertinggal yang telah diamankan oleh petugas di wilayah Daop 2 Bandung. 

"Dari jumlah tersebut, seluruh barang yang tertinggal sudah kembali ke pemilik," ucap Ayep, Selasa (2/1).

Baca Juga: Baru Diresmikan Jokowi, Intip Fasilitas Terminal Tipe A Purworejo

Ayep mengatakan barang tertinggal yang ditemukan tak jarang merupakan jenis barang berharga seperti laptop, perhiasan, ponsel, tas, dompet hingga paspor WNA.

"Sebagai petugas KAI kami berusaha memberikan layanan maksimal. Kami selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas kereta api atau stasiun," ungkapnya.

Pelanggaran yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam kereta api atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas di stasiun.

Baca Juga: Pembangunan Terminal Tipe A Purworejo Habiskan Dana 35 Miliar

Di antaranya kondektur yang sedang berdinas di atas kereta api, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121.

"Dalam hal penemuan barang di dalam kereta api ataupun di lingkungan stasiun, KAI akan langsung memberikan pengumuman atas penemuan barang tersebut melalui pengeras suara," kata Ayep.

Jika tidak ada pihak yang mengambil maka barang akan disimpan di Pos Pengamanan stasiun dan akan dimasukan pada pendataan sistem Lost and Found yang dimiliki oleh KAI.

Baca Juga: Datangi Pasar Purworejo, Jokowi: Harga Bahan Pokok Sudah Turun

Ayep mengimbau kepada para pelanggan kereta api untuk selalu menjaga dan memperhatikan barang bawaan ketika melakukan perjalanan, baik di lingkungan stasiun maupun selama dalam perjalanan KA.

"Jika memang perlu membawa barang dalam jumlah banyak, pelanggan juga dapat memanfaatkan jasa cargo atau pengiriman paket," tutupnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner