Kunker Jokowi

Baru Diresmikan Jokowi, Intip Fasilitas Terminal Tipe A Purworejo

Terminal Tipe A Purworejo baru diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan sejumlah fasilitas baru ya. Peresmian didampingi langsung oleh Ibu Negara Iriana,

Featured-Image
Terminal Tipe A Purworejo saat diresmikan Jokowi, Selasa (2/1). Foto: apahabar.com/Arimbi

bakabar.com, PURWOREJO - Terminal Tipe A Purworejo baru diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan sejumlah fasilitas baru. Peresmian didampingi langsung oleh Ibu Negara Iriana, Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak beserta jajarannya di Halaman Terminal Tipe A Purworejo, Selasa (2/1).

Gedung terminal baru tersebut dibangun dengan jarak kurang lebih 500 meter dari gedung lama dengan luas tanah 12.315 m². Adapun luas bangunan seluas 2.378 m².

Dengan luasan lahan tersebut, Terminal Tipe A Purworejo tersebut mampu menampung 615 penumpang. Di sisi lain total bus yang dapat tertampung mencapai 105 bus per harinya.

Baca Juga: Pembangunan Terminal Tipe A Purworejo Habiskan Dana 35 Miliar

Berdasarkan pantauan bakabar.com, Terminal Tipe A Purworejo memiliki desain modern 2 lantai lengkap dengan berbagai fasilitasnya.

Lantai 1 Terminal Tipe A Purworejo digunakan untuk sarana parkir motor, mobil area drop off.

Selain itu, Terminal Tipe A Purworejo juga memiliki area tunggu keberangkatan indoor, out door, area tunggu kedatangan, area tiket sentra informasi, lift dan area tenant.

Area Tenant Terminal Tipe A Purworejo, Selasa (2/1) (Apahabar.com/Arimbi)
Area Tenant Terminal Tipe A Purworejo, Selasa (2/1). Foto: bakabar.com/Arimbi

Adapun toilet yang disediakan tak hanya untuk masyarakat umum dan tamu VIP, tapi juga menyediakan bagi masyarakat difabel. Fasilitas toilet tersebut tersedia di lantai 1 dan 2.

Guna menghilangkan citra terminal yang rawan pencurian dan kriminalitas, Terminal Tipe A Purworejo juga dilengkapi CCTV dan keamanan lengkap di setiap sudutnya.

Baca Juga: Bangun Sarpras Transportasi Umum, Jokowi: Kota Kecil Sudah Macet

Beralih ke lantai 2, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas area duduk kuliner, ruang tunggu dan penitipan barang di Terminal Tipe A Purworejo.

Dengan begitu, pengunjung yang hendak menunggu dengan waktu cukup lama bisa menitipkan barangnya agar tidak terlalu berat.

Toilet umum dan toilet disabilitas di Terminal Tipe A Purworejo, Selasa (2/1) (Apahabar.com/Arimbi)
Toilet umum dan toilet disabilitas di Terminal Tipe A Purworejo, Selasa (2/1). Foto: bakabar.com/Arimbi

Bagi pengunjung yang memerlukan bantuan atau menemui keadaan darurat, bisa mendatangi area kerja Korsatpel Terminal yang berada di lantai 2.

Secara keseluruhan, Terminal Tipe A Purworejo memiliki enam area ruang tunggu keberangkatan, enam area keberangkatan parkir bus, dan dua lajur kedatangan bus. 

"Bukan cuma terminal, tapi juga area terbuka, untuk pementasan atau ruang umum bagi masyarakat, " kata Kepala Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Purworejo, Slamet Jiwantoro kepada bakabar.com, Selasa (2/1).

Baca Juga: Datangi Pasar Purworejo, Jokowi: Harga Bahan Pokok Sudah Turun

Baca Juga: Jokowi Sebut Naiknya Harga Beras Gegara Fenomena Super El Nino

Ia mengungkapkan Terminal Tipe A Purworejo juga digadang bisa menjadi penghubung masyarakat yang hendak bepergian dari Purworejo ke Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Terlebih, wilayah Purworejo berdekatan dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) seperti Borobudur dan Bendungan Bener. 

"Jadi yang terdongkrak dengan adanya pembangunan Terminal Tipe A Purworejo bukan hanya pendapatan daerahnya saja, tapi juga dari sisi pariwisata dan ekonomi masyarakat," katanya.

Editor
Komentar
Banner
Banner