Kunjungan Jokowi

Bangun Sarpras Transportasi Umum, Jokowi: Kota Kecil Sudah Macet

Presiden Jokowi sebut kota-kota kecil di Indonesia sudah mulai macet. Karenanya, pembangunan sarpras transportasi umum harus diutamakan.

Featured-Image
Jokowi saat mengunjungi Pasar Purworejo, Selasa (2/1) (Apahabar.com/Arimbi)

bakabar.com, PURWOREJO - Presiden Jokowi sebut kota-kota kecil di Indonesia sudah mulai macet. Karenanya, pembangunan sarana dan prasarana (sarpras) transportasi umum harus diutamakan.

"Sekarang kota-kota kecil saja sudah macet,” kata Jokowi usai kunjungan ke Pasar Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (2/1).

Jokowi menyebut, salah satu hal yang ampuh untuk mengurangi kemacetan adalah transportasi umum. Karenanya, sarpras transportasi umum perlu ditingkatkan

"Pembangunan sarana dan prasarana ini sebagai upaya mengurangi kemacetan di berbagai wilayah," kata Jokowi.

Baca Juga: Isyarat Jokowi Setelah Tak Lagi Presiden di 2024

Sarana dan prasarana yang dimaksud antara lain, terminal; stasiun; dan gedung transit moda transportasi lainnya. Jika sarpras baik, maka penumpang akan lebih nyaman.

Seperti Terminal di sebagian wilayah yang mulai berbenah. Contohnya Terminal Purworejo, Blitar, dan Madiun yang memiliki standar yang baik.

Oleh karenanya, Jokowi meminta Menteri Perhubungan untuk memastikan seluruh terminal di daerah memiliki standar yang baik.

"Agar semua kota di Tanah Air memiliki standar yang sama," kata Presiden dalam sambutannya.

Baca Juga: Jokowi Kunjungi Purworejo: Resmikan Terminal hingga Jembatan

Terkait hal tersebut, Jokowi juga sempat menyinggung beberapa pembangunan sarana transportasi pada eranya. Seperti LRT, MRT, dan kereta cepat.

“Meskipun ada beberapa yang belum selesai, namun sedang kami upayakan," tandas Jokowi.

Sebagai informasi, Jokowi meresmikan 4 terminal hari ini. Yakni Terminal Purworejo, Terminal Mendolo Wonosobo, Terminal Purboyo Kota Madiun, dan Terminal Patria Kota Blitar.

Editor


Komentar
Banner
Banner