Sepak bola nasional

Nasibnya Belum Jelas, Anggota Exco Dukung Kontrak STY Diperpanjang

Anggota Exco PSSI sekaligus CEO PSIS, Yoyok Sukawi mendukung pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk perpanjang kontrak di skuat Garuda.

Featured-Image
Exco PSSI Yoyok Sukawi dukung Shin Tae-yong perpanjang kontrak di Timnas Indonesia (Foto: dok PSSI)

bakabar.com, JAKARTA – CEO klub PSIS yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Yoyok Sukawi mendukung pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk perpanjang kontrak meskipun gagal membawa skuat Garuda juara di Piala AFF 2022.

“Saya pasti mendukung Shin Tae-yong sampai akhir kontraknya, kalau bisa diperpanjang,” ujar Yoyok dikutip dari Antara, Senin (16/1).

Pria yang memiliki nama lengkap AS Sukawijaya itu menilai, berdasarkan pengalamannya di dunia sepak bola tanah air, Shin Tae-yong merupakan pelatih yang bagus.

Terlebih, juru racik skuat Garuda asal Negeri Korea Selatan itu dianggapnya membawa perubahan positif di dunia persepak bolaan nasional.

Baca Juga: Jelang KLB PSSI, Andritany: Semoga Ketum Baru Peduli Sepak Bola Indonesia

“Kemarin di Piala AFF itu memang segala sesuatunya seperti alam tidak menghendaki Indonesia menjadi juara. Jadi, tidak bisa kesalahannya hanya dilimpahkan ke Shin Tae-yong,” jelasnya.

Di sisi lain, Yoyok bahkan menyatakan tertarik untuk merekut Shin ke klubnya yakni PSIS andai PSSI tidak memperpanjang kontrak pelatih Negeri Gingseng itu.

“Kalau selesai dengan PSSI, kami tertarik mengambilnya,” tutur pria yang juga anggota DPR RI itu.

Sebagaimana diketahui, masa depan pelatih berusia 52 tahun itu menjadi pembicaraan hangat seiring berakhirnya kontrak Shin Tae-yong pada Desember 2023 mendatang.

Baca Juga: Duel Panas Erick Thohir Vs LaNyalla Berebut Kursi PSSI Satu

Terlebih, tak sedikit dari publik pencinta sepak bola tanah air yang mengusung tagar #STYOUT atas hasil yang skuat Garuda alami di gelaran Piala AFF 2022.

Akan tetapi, selama menangani timnas Indonesia, Shin membawa pengaruh besar bagi Skuat Garuda di bawah komandonya.

Kala menahkodai skuat Garuda, Shin berhasil membawa timnas senior lolos ke Piala Asia 2023 dan timnas U-20 ke Piala Asia U-20 2023.

Tak hanya itu, Shin Tae-yong juga berhasil mendongkrak peringkat timnas Indonesia di rangking FIFA dari 179 menjadi 151.

Namun, selama memimpin timnas Indonesia di dua gelaran Piala AFF yakni 2020 dan 2022, Shin belum berhasil mempersembahkan gelar kampiun bagi Indonesia.

Pada gelaran Piala AFF 2020, Shin sukses mengantarkan skuat Garuda hingga babak final. namun, di Piala AFF 2022 dirinya justru hanya mampu membawa Marc Klok cs sampai di fase semifinal.

Kendati demikian, gonjang-ganjing tetang kelanjutan dirinya melatih skuat Merah Putih masih menjadi tanda tanya besar seiring kegagalannya menjuarai Piala AFF 2022.

Namun hingga saat ini, pihak PSSI pun belum menyatakan apapun terkait kontrak STY tersebut karena masih akan melakukan evaluasi terhadap kinerjanya.

Editor


Komentar
Banner
Banner