Balap Road Race

Nah Loh, IMI Pusat Sebut Road Race Paser Kaltim Tak Layak!

Anggota Komisi Safety IMI Pusat, Ahmad Jayadi menyebutkan bahwa pagelaran Roadrace Bupati Cup di Paser, Kalimantan Timur tidak sesuai dengan regulasi

Featured-Image
Polisi saat olah TKP insiden roadrace yang menewaskan satu pembalap di Paser, Kalimantan Timur, Ahad (10/12). (Dok.Polda Kaltim)

bakabar.com, JAKARTA - Anggota Komisi Safety IMI Pusat, Ahmad Jayadi menyebutkan pagelaran Road Race Bupati Cup di Paser, Kalimantan Timur tidak layak. 

Hal tersebut berlandaskan kriteria penyelenggaraan sirkuit Road Race seperti pengecekan oleh pihak inspeksi atau pihak lainnya yang berwenang. 

Saat ditanyai kelayakan pengecekan, Ahmad Jayadi mengatakan belum adanya inspeksi oleh IMI setempat. Sehingga memicu terjadinya insiden dalam turnamen Road Race Bupati Cup di Paser.

Baca Juga: Tragedi Road Race di Paser Kaltim Disorot IMI Pusat

"Terkait pengecekan standar safety dari IMI setempat belum sepertinya," ungkap Ahmad Jayadi saat dihubungi bakabar.com, Rabu (13/12).  

Mantan pembalap MotoGP 1996 dan 1997 di kelas 125 cc ini menambahkan bahwa kelayakan penyelenggaraan Road Race banyak yang harus diperhatikan seperti sirkuit, area terbuka, dan lainnya. 

"Salah satunya sirkuit paling utama diusahakan permanen yang sudah dicek inspeksi komisi safety atau non permanen tetapi di lapangan terbuka, misalnya seperti bekas bandara atau area yang luas, tidak ada pohon dan tiang listrik dsb," jelas Ahmad Jayadi. 

Baca Juga: Geramnya Legenda Road Race Bupati Paser Cup Makan Korban

Turnamen Road Race Bupati di Paser Kaltim sendiri telah memakan korban jiwa akibat cuaca buruk dan kelalaian pihak penyelenggara. 

Selaku legenda balap motor road race Indonesia, Ahmad Jayadi menilai panitia penyelenggara telah ceroboh dalam menggelar acara balap tersebut.

Editor


Komentar
Banner
Banner