Pasokan Gas Alam

Nah Loh! Gas Alam Surplus, Impor LPG Meroket

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengungkapkan Indonesia harus mampu memanfaatkan sumber gas alam yang ada di tanah air untuk menekan impor energi.

Featured-Image
Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia di Hotel St. Regis, Jakarta Foto: apahabar.com/Ayyubi

bakabar.com, JAKARTA - Menteri ESDM Arifin Tasrif mengungkapkan Indonesia harus mampu memanfaatkan sumber gas alam yang ada di tanah air untuk menekan impor energi.

Pasalnya, kata dia, Indonesia saat ini mengimpor 5,5 juta ton LPG per tahun, dengan tren yang terus meningkat. Padahal, Indonesia memiliki kelebihan gas alam yang diekspor dan produksi dalam negeri yang terus bertambah.

"LPG kita masih impor 5,5 juta ton per tahun dan trennya terus meningkat, sementara kita memiliki gas yang berlebih dan kita ekspor," kata Arifin dalam Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia di Jakarta, Jumat (22/12).

Baca Juga: Gas Alam dari Sumur Bor Peninggalan Belanda Masih Digunakan Warga

Dia menambahkan ada beberapa titik sumber gas alam yang dapat dipercepat produksinya. Untuk itu, diperlukan pembangunan transmisi untuk listrik dan gas.

Dengan memanfaatkan gas alam dalam negeri maka impor bisa ditekan. Dengan begitu, keamanan energi dalam negeri bisa dikembangkan.

"Gas ini lah yang bisa menggantikan LPG yang bisa masuk ke rumah tangga, restoran, hotel, dan menggantikan yang kita impor," kata dia.

Baca Juga: Siap-Siap! ESDM Kebut Potensi Galian Cadangan Mineral

Sebelumnya, Arifin menyampaikan terdapat 17 lokasi lapangan migas yang berpotensi mengandung Liquefied Petroleum Gas (LPG).

Jika 17 lokasi yang mengandung LPG ini dapat diproduksikan, tentunya akan membantu negara dalam mengurangi impor. Apalagi terdapat potensi tambahan LPG sebesar 1,2 juta ton dari lokasi tersebut.

"Salah satunya seperti yang ada di Kilang Cilacap," kata Arifin.

Editor


Komentar
Banner
Banner