Tak Berkategori

Musim Rambutan Datang Nih, Yuk Intip Manfaat Buah Ini

apahabar.com, JAKARTA – Saat ini berbagai daerah di Indonesia tengah memasuki musim hujan. Musim ini biasanya…

Featured-Image
Ilustrasi buah rambutan. Foto-detik.com

bakabar.com, JAKARTA – Saat ini berbagai daerah di Indonesia tengah memasuki musim hujan. Musim ini biasanya ditandai dengan banyaknya musim buah-buahan salah satunya adalah rambutan.

Baik di toko buah maupun di pinggir jalan, biasanya buah dengan warna merah dan kuning ini sudah dijajakan para pedagangnya. Tak jarang buah ini diminati para penggemarnya karena rasanya yang manis dan tentunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho.

Selain enak, rambutan ternyata banyak manfaatnya lho. Berikut 5 manfaat rambutan untuk kesehatan dikutip dari berbagai sumber.

1. Kaya Akan Vitamin C

Dikutip dari Health Line, vitamin ini juga berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Kebutuhan vitamin C harian akan terpenuhi 50 persen bila mengonsumsi 5 sampai 6 buah dalam sehari.

Baca Juga : Jaga Kesehatan Jantung, Olahraga Saja tidak Cukup

2. Mengandung Banyak Tembaga

Zat ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh yaitu berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan berbagai sel di dalam tubuh, termasuk tulang, otak, dan jantung. Mengonsumsi empat buah rambutan dalam sehari akan memenuhi 20 persen kebutuhan tembaga harian.

3. Dapat Mencegah Berat Badan Naik

Menurut Stylecraze, buah-buahan termasuk rambutan dapat mencegah kenaikan berat badan karena memiliki kepadatan energi yang rendah. Rambutan juga mengandung sejumlah serat yang dapat membantu penurunan berat badan.

4. Dapat Membantu Mencegah Kanker

Rambutan adalah salah satu buah dengan kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan ini dapat melawan peradangan dan melindungi sel-sel di dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, kulit rambutan dapat mengubah dan mengganggu pertumbuhan sel kanker dan bahkan dapat digunakan untuk pengobatan kanker hati. Mengonsumsi lima rambutan setiap hari dapat secara drastis mengurangi risiko kanker.

5. Memiliki Sifat Antibakteri dan Antiseptik

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa rambutan telah digunakan sejak zaman kuno karena sifat antibakterinya. Sifat antiseptik dari buah ini juga melindungi tubuh terhadap banyak infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.

Baca Juga : 6 Manfaat Tak Terduga Kepiting untuk Kesehatan

Sumber : detik.com

Editor : Aprianoor



Komentar
Banner
Banner