Buah Untuk Ibu Hamil

Daftar Buah Ini Dilarang untuk Ibu Hamil, Fakta atau Mitos?

Ibu hamil penting mendapatkan nutrisi yang cukup untuk perkembangan janin. Namun tidak semua buah baik untuk kehamilan.

Featured-Image
Buah yang baik untuk ibu hamil. Foto: istock

bakabar.com, JAKARTA – Ibu hamil penting untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk perkembangan janin. Namun tidak semua buah baik untuk kehamilan.

Pernyataan adanya buah yang bahaya untuk ibu hamil adalah benar. Fakta tersebut diyakini dapat membahayai kesehatan ibu hamil serta janin yang dikandung. Dikutip dari alodokter, berikut adalah buah yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil.

1. Nanas
Sering mendengar bahwa nanas sangat dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Ternyata isu tersebut tidak sepenuhnya benar.

Rupanya fakta tersebut hanya akan terjadi jika ibu hamil mengkonsumsi nanas terlalu berlebihan. Kandungan bromelain di dalamnya, akan menyebabkan keseimbangan protein dalam tubuh terganggu.

Namun, jika nanas masih dikonsumsi dalam batas wajar, sumber vitamin C dan zat besi di dalamnya sangat baik untuk ibu hamil.

Baca Juga: Manfaat Bersepeda bagi Ibu Hamil, Bisa Memperbaiki Mood?
2. Durian
Mengkonsumsi durian saat hamil memiliki isu akan memicu keguguran, pendarahan hingga cacat lahir. Hal tersebut masih tidak bisa dibuktikan.

Durian akan berbahaya dikonsumsi ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi, karena durian akan memperparah kondisi tersebut.

Fakta lainnya, durian masih boleh dikonsumsi karena memiliki senyawa sehat, seperti antioksidan, organo-sulfur dan tryptophan, antimikroba serta anti bakteri yang baik untuk ibu hamil.

3. Pepaya
Dipercaya dapat membuat sakit perut sebelum melahirkan hingga menyebabkan keguguran, hal ini tidak sepenuhnya salah. Pepaya muda dengan kulit hijau mengandung lateks dan papain yang tinggi, papain ini yang memicu kontrasi dini, hingga memicu persalinan dini. Selain itu, kandungan lateks juga bisa menyebabkan alergi.

Kandungan papain dalam pepaya muda juga memberikan efek yang mirip dengan prostaglandin, yaitu hormon yang merangsang persalinan dini.

Disarankan untuk mengkonsumsi pepaya yang sudah matang, yang berwarna oranye atau kuning, karena mengandung folat dan vitamin A.

Baca Juga: Konsumsi Kolagen Sejak Usia Muda untuk Kulit Kenyal dan Elastis

4. Nangka
Buah ini memiliki mitos yang buruk bagi ibu hamil, seperti menyulitkan proses persalinan hingga bayi lahir cacat. Namun, hal tersebut belum terbukti secara medis. Menurut kesehatan, mengkonsumsi nangka dalam jumlah banyak dapat memperngaruhi kadar gula darah, maka sangat tidak disarankan untuk ibu hamil yang memiliki penyakit diabetes.

5. Pare
Buah yang sering dianggap sayuran ini memiliki mitos dapat meyebabkan kontrasi rahim, pengobatan tradisional juga percaya bahwa pare bisa digunakan untuk aborsi.

Faktanya, belum ada studi yang membenarkan hal tersebut. Ibu hamil dapat mengkonsumsi pare dalam batas wajar, tetapi untuk ibu hamil yang memiliki diabetes tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi pare, karena akan mempengaruhi kadar gula darah.

Sebaiknya, sebelum ibu hamil mengkonsumsi buah-buahan tersebut, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dan sebaik mungkin konsumsilah buah-buahan dalam batas wajar.  

Kendati begitu, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah seperti alpukat, apel, dan pisang tanpa keraguan. Pisang mengandung vitamin C, kalium, dan asam folat.

Buah alpukat mengandung lemak sehat, vitamin C, K, dan E, selain it juga kaya akan B1, B2 dan B6. Sedangkan untuk buah apel mengandung vitamin A, C, E, K, folat, mangan, magnesium, tembaga, kalium dan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan janin.

Editor


Komentar
Banner
Banner