LIFESTYLE

Manfaat Bersepeda bagi Ibu Hamil, Bisa Memperbaiki Mood?

Bersepeda menjadi salah satu oleahraga yang banyak dilakukan. Kegiatan itu sendiri tidak dilarang untuk dilakukan oleh ibu hamil.

Featured-Image
Ilustrasi Ibu Hamil Bersepeda. Foto: sociolla.com

bakabar.com, JAKARTA –Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang digemari banyak orang. Kegiatan itu sendiri tidak dilarang untuk dilakukan oleh ibu hamil.

Kegiatan tersebut bisa dilakukan baik dengan sepeda statis maupun di luar ruangan sambil tetap memperhatikan sistem keamanannya. Bahkan, bersepeda selama masa kehamilan diketahui memiliki sejumlah manfaat.

Baca Juga: 4 Rempah Penyedap dengan Khasiat Antibiotik Alami

Menjaga Suasana Hati

Setiap olahraga umumnya dapat memperbaiki suasana hati seseorang, begitu pun dengan bersepeda. Hal itu terjadi karena bersepeda akan melepas hormon endorfin.

Endorfin sendiri adalah hormon yang berfungsi menahan rasa sakit dengan memblokir reseptor rasa tersebut di otak.

Pada kadar yang tepat, hormon ini menjaga kesehatan emosi. Namun, pada kondisi tertentu, endorfin justru menjadi penyebab seseorang mengalami stres hingga depresi.

Berolahraga pada umumnya akan membantu menjaga kadar hormon tersebut dalam kondisi stabil, sehingga dapat menjaga suasana hati dan menghindari diri dari perasaan depresi.

Baca Juga: Meningkatnya Penularan Sifilis dari Bumil ke Bayi, Dokter Sarankan Metode Ini

Menjaga Kesehatan Otot dan Sendi

Tubuh membutuhkan sejumlah rangsangan mekanik. Hal itu diperlukan untuk membuat otot dan sendi beradaptasi terhadap perubahan bentuk tubuh.

Sebab itulah, aktivitas seperti olahraga penting untuk dilakukan, terutama bagi ibu hamil.

Bersepeda tidak hanya baik untuk otot dan sendi pada kaki, tapi juga meningkatkan kesehatan otot paha, betis, pinggul, perut, lengan, sampai bokong.

Selain itu, bersepeda sangat bagus untuk menambah stamina. Juga, membantu ibu hamil menyiapkan tubuh dalam menghadapi kelahiran sang buah hati nanti.

Baca Juga: Aman dan Sehat, 5 Jenis Olahraga untuk Orang Obesitas

Menjaga Berat Badan Ibu Hamil

Selain meningkatkan stamina, bersepeda juga sangat baik untuk pembakaran lemak dan peningkatan masa otot. Hal itu dapat membantu ibu-ibu dalam mengendalikan berat badan selama masa kehamilan.

Mengendalikan berat badan tersebut penting untuk mencegah terjadinya obesitas selama masa kehamilan. Tapi, harus didukung dengan pola dan konsumsi makanan yang bergizi cukup.

Baca Juga: Satu Tiket untuk Satu Pohon, Spirit Konser Coldplay yang Ramah Lingkungan

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Aktivitas seperti bersepeda dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dibantu dengan pola makan sehat dan istirahat yang cukup, maka daya tahan tubuh bagi ibu hamil dapat terjaga dengan baik.

Adanya peningkatan sistem kekebalan tubuh yang dimiliki seseorang akan membuatnya sulit untuk terkena penyakit. Hal itu penting bagi ibu hamil untuk memastikan janin yang ada di dalam kandungan bisa tetap sehat.

Editor


Komentar
Banner
Banner