Tragedi Kanjuruhan

Mochamad Iriawan: PSSI Putuskan Percepat Gelar Kongres Luar Biasa

Mochamad Iriawan alias Iwan Bule selaku Ketua Umum PSSI menyampaikan akan menggelar KLB secepatnya usai melakukan rapat dengan Exco PSSI.

Featured-Image
PSSI resmi gelar KLB secepatnya (Foto tangkapan layar)

bakabar.com, JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI akan digelar secepatnya. Hal tersebut disampaikannya usai menggelar rapat Executive Committee (Exco).

PSSI menggelar rapat Exco pada Jumat (28/10) malam, di kantor PSSI, Jakarta. Rapat yang digelar sejak pukul 19.00 WIB hingga 22.45 WIB. Rapat tersebut dihadiri oleh 12 anggota Exco PSSI memutuskan akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) secepatnya.

“Memutuskan untuk mempercepat kongres biasa pemilihan melalui mekanisme kongres luar biasa seusai tahapan aturan organisasi,” ujar Ketum PSSI, Mochamad Iriawan melalui siaran video Youtube PSSI, dikutip Sabtu (29/10).

Menurut pria yang dikenal dengan nama Iwan Bule itu, KLB dapat terlaksana apabila terdapat sekurang-kurangnya 2/3 delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis.

Baca Juga: Deretan Pesepakbola yang Berpotensi Lakoni Piala Dunia Terakhir

Hal tersebut tertuang dalam pasal 34 ayat 2 statuta PSSI. Selanjutnya, PSSI akan melakukan tahapan verifikasi dan KLB akan dapat digelar dengan jangka waktu selambat-lambatnya tiga bulan setelah proses verifikasi.

“Maka Exco PSSI akan memulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan kongres luar biasa dalam jangka waktu selambatnya tiga bulan setelah proses verifikasi selesai,” terangnya.

PSSI memutuskan untuk mempercepat KLB tersebut usai menerima surat dari dua anggotanya, yaitu Persis dan Persebaya.

Persis Solo dan Persebaya Surabaya menjadi dua klub yang tegas untuk menyatakan KLB harus cepat digelar dengan bersurat ke PSSI.

“Exco PSSI memutuskan untuk mempercepat KLB pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya dikarenakan Exco PSSI tak ingin terjadi perpecahan di antara para anggotanya dan karena Exco PSSI adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI,” tukasnya.

Baca Juga: Alami Cedera dan Demam, Erling Haaland Diragukan Tampil pada Laga Manchester City vs Leicester

Selanjutnya, PSSI akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada FIFA terkait dengan usulan kongres tersebut yang merupakan awal tahapan Kongres Luar Biasa (KLB). Surat pemberitahuan kepada FIFA akan dirilis pada Senin (31/10).

Lebih lanjut, Iwan Bule menerangkan, bila keputusan tersebut diambil untuk menjadi pertimbangan agar kompetisi sepak bola Indonesia cepat bergulir Kembali.

“Kami berharap keputusan ini dapat menjadi pertimbangan bagi para pemangku kepentingan. Kiranya dapat membantu diputarnya kembali kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 yang selama ini menjadi napas dan marwah sepak bola di tanah air,” tutupnya.

Baca Juga: Jurus Andalan! Ketum PSSI Iwan Bule Kembali Mangkir dari Pemeriksaan Polda Jatim

Sebelumnya, Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) merekomendasikan PSSI untuk segera menggelar KLB buntut Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 korban jiwa.

TGIPF menilai, Ketua Umum sekaligus jajaran Exco PSSI seharusnya mundur dari jabatannya sebagai bentuk tanggung jawab moral atas tragedi Kanjuruhan tersebut.

Editor


Komentar
Banner
Banner