Pemerasan KPK

Mobil Ketua KPK Firli Raib di Mabes Polri, By Design?

Ketua KPK Firli Bahuri sedang kebingungan. Mobil pribadinya raib usai diperiksa di Bareskrim Polri terkait kasus pemerasan Menteri Syahrul Limpo.

Featured-Image
Ketua KPK Firli Bahuri usai menjalani pemeriksaan terkait dugaan pemerasan di Bareskrim Polri. Foto: apahabar.com/Citra

bakabar.com, JAKARTA - Ketua KPK Firli Bahuri mengaku sedang kebingungan. Mobil pribadinya raib usai diperiksa di Bareskrim Polri terkait kasus pemerasan Syahrul Limpo, kala itu Menteri Pertanian. 

"Saya sungguh dikagetkan mengapa kendaraan pribadi saya, saya tidak tahu keberadaanya. Dan saya melihat tidak saya temukan kendaraan tersebut," ujar Firli di Gedung Merah Putih KPK, Senin baru tadi (20/11).

Itulah, kata dia, yang menjadi alasan justru meninggalkan gedung Bareskrim Polri menumpangi mobil pinjaman dari kenalannya di Mabes Polri. Termasuk menghindari wartawan.

Baca Juga: Firli Bingung Mobilnya Hilang Usai Diperiksa Bareskrim

Terpisah, Peneliti Pusat Studi Antikorupsi Universitas Mulawarman, Herdiansyah Hamzah merasa aneh alasan Firli itu. Ia menduga Firli memang difasilitasi untuk menghindar dari kejaran media.

"Jadi kucing-kucingan Firli di Mabes itu by design." jelas Castro, sapaan karib Herdiansyah, Senin (20/11).

Apalagi bicara mobil yang digunakan Filri. Castro melihat tak elok sebagai ketua KPK menumpangi mobil orang lain. Selaku ketua lembaga antirasuah, mestinya Firli tak menumpangi mobil yang bukan mobil dinas. Terlebih mereka yang sedang beririsan perkara dengan KPK, seperti Karyoto. 

Baca Juga: Bongkar Borok Saat di KPK, Siasat Firli Serang Balik Karyoto!

"Tidak patut. Misalnya itu mobil Karyoto, atau orang-orang yang berperkara di KPK, itu jelas bertentangan dengan kewajibannya," jelasnya.

Karenanya, Castro memandang penting pihak berwajib melacak siapa pemilik mobil yang ditumpangi Firli.

Ia menganggap alasan mobil hilang dan alasan-alasan lainnya, hanya sebagai strategi pengalihan isu yang sedang dimainkan oleh Firli.

"Mestinya Polda Metro Jaya dan publik tidak terpengaruh. Proses hukum harus jalan terus," jelas dosen hukum satu ini.

Baca Juga: Keseret Pemerasan Limpo, Firli Pantang Mundur

Tak hanya bungkam, Firli berupaya menghindari awak media yang telah lama menunggunya di lobi Bareskrim Polri, Kamis (16/11). Firli memilih nyelonong melalui aula.

Ketika beberapa awak media memergoki Firli berada di dalam mobil, Firli tampak menutupi muka dengan tas sambil merebahkan diri di dalam mobil. Ia tak merespons pertanyaan dari awak media. 

Editor


Komentar
Banner
Banner