Asian Games 2023

Minim Raih Medali, Timnas Basket Tetap Berangkat ke Asian Games 2023

Timnas Basket Putra Indonesia tetap diberangkatkan ke Asian Games 2023 meski baru saja pulang tanpa medali pada SEA Games 2023

Featured-Image
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo (Foto:apahabar.com/BS)

bakabar.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan timnas Basket Putra Indonesia tetap berangkat ke Asian Games 2023.

Meski baru saja pulang tanpa medali pada SEA Games 2023, Dito merujuk dari hasil yang diraih Timnas Basket Indonesia pada Asian Games 2018 lalu.

Ketika itu, Indonesia Patriots -julukan dari timnas Basket Indonesia- berhasil menembus perempat final, sebelum akhirnya ditundukkan China 63-96.

Baca Juga: Gemilang di Sea Games, Indra Sjafri Fokus Persiapan Asian Games dan Piala Asia 2023

“Itu harus jadi tolak ukur, dan ini kita dalam rangka melihat potensi kedepannya dan persiapan pelatnas juga,” ujar Dito kepada para wartawan di gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (31/7).

Dito sendiri tidak menolak jika medali emas pada SEA Games di Vietnam lalu menjadi salah satu syarat agar atlet bisa bermain di Asian Games 2023.

“Kalau di pertandingan iya, tapi ya ini salah satu yang kita review,” tegasnya.

Sebelumnya, Menpora Dito menyebut ada 32 cabang olahraga (cabor) yang di berangkat ke Asian Games 2023.

Baca Juga: Termasuk Sepak Bola, Indonesia Kirim 32 Cabor di Asian Games 2023

Namun Dito belum menjelaskan secara rinci 32 cabor itu apa saja. Tapi, ia hanya memastikan dari jumlah tersebut sudah termasuk sepak bola putra.

"Mungkin ada 32 cabor, nanti saya cek, termasuk sepak bola," ujar Dito.

Setelah mengadakan rapat bersama dari Kemenpora, Komite Olahraga Indonesia (KOI), dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Menpora menambahkan 32 cabor ini ditetapkan. Namun, keputusan tersebut belum final dan masih bisa ada perubahan.

"KOI melakukan Kongres dan KONI melakukan Munas. Jadi ini perdana kita review ulang, ada beberapa yang kita finalisasi dan saya minta kembali direview agar memastikan hasilnya seperti yang kita inginkan di SEA Games kemarin,” ujar Dito.

Seperti diketahui, Asian Games edisi ke-19 ini akan diadakan di Hangzhou, ibu kota provinsi Zhejiang di China Timur, mulai 23 September hingga 8 Oktober mendatang.

Editor


Komentar
Banner
Banner