sepak bola indonesia

Mimpi Erick Thohir 2045: Indonesia Ranking 50 Besar FIFA

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mematok target Indonesia bakal menyabet posisi 50 besar ranking FIFA pada 2045 mendatang.

Featured-Image
Ketum PSSI Erick Thohir saat memberikan sambutan di acara peluncuran merchandise resmi Piala Dunia U-20 Indonesia (Foto: apahabar.com/Farhan)

bakabar.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mematok target Indonesia bakal menyabet posisi 50 besar ranking FIFA pada 2045 mendatang.

"Untuk mencapai 50 besar, tidak mudah, butuh kerja keras dari semua stakeholder sepak bola," kata Erick Thohir saat sarasehan PSSI bersama Asprov di Hotel Le Meridien, Minggu (19/3).

Baca Juga: Ketum PSSI Pastikan Lapangan Piala Dunia U-20 Penuhi Standar FIFA

Ia menerangkan dengan sejumlah masukkan konstruktif dari Asprov PSSI dan stakeholder sepak bola Indonesia maka dapat mendongkrak posisi Indonesia di mata dunia. Terutama menunjukkan progres signifikan di Asia Barat dan Asia Timur.

Seperti halnya Turki yang mampu menyalip posisi ke ranking 45, dan Arab Saudi ke posisi 51 ranking FIFA.

“Kita harus mencari solusi bersama dan itu harus konkret. Kita punya mimpi 2045, jadi negara maju, masa keemasan sepak bola Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga: Soal Stadion Piala Dunia U-20, PSSI Pasrah Apapun Keputusan FIFA

Menteri BUMN ini juga menyebut bahwa Asprov PSSI memfokuskan diri pada pembinaan anak usia dini untuk menjadi investasi kekuatan bagi Indonesia di mata dunia.

Terutama anak berusia 12-14 tahun yang mesti digenjot untuk dibina prestasi sehingga menjadi pemain profesional yang mengantongi bakat mumpuni jadi punggawa tim nasional Indonesia.

“Usia dini harus dikembangkan, bukan 12 saja, tapi mulai usia 9 tahun,” sebutnya.

Untuk itu, ia menyusun timeline  yang akan didiskusikan kembali dengan Exco PSSI dan pengurus Asprov PSSI untuk memetakan dan mematangkan strategi untuk mencapai proyeksi 2024 mendatang.

“Setelah kita dengar, baru akan mengambil keputusan. Isu-isu yang ada di bawah. Bukan Exco memutuskan, tanpa melihat di bawah,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner