Piala Dunia U-20

Soal Stadion Piala Dunia U-20, PSSI Pasrah Apapun Keputusan FIFA

Wakil Ketua Umum I PSSI, Zainudin Amali menegaskan pihaknya harus mematuhi apapun keputusan badan sepak bola dunia FIFA soal stadion Piala Dunia U-20

Featured-Image
Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta jadi salah satu tempat penyelenggaran Piala Dunia U-20 (Foto: apahabar.com/Farhan)

bakabar.com, JAKARTA – Wakil Ketua Umum I PSSI, Zainudin Amali menegaskan pihaknya harus mematuhi apapun keputusan badan sepak bola dunia FIFA soal stadion Piala Dunia U-20.

Namun, Amali mengatakan PSSI berharap dari keenam stadion yang sudah didaftarkan untuk menggelar turnamen Piala Dunia U-20 semuanya dapat digunakan.

“Pak Ketua Umum [Erick Thohir] berharap enam-enamnya [Stadion] bisa dipakai. Tapi kalau FIFA menentukan ada stadion yang tidak mungkin digunakan tentu kita tidak bisa memaksakan,” ujar Zainudin Amali dikutip dari Antara.

Mantan Menpora itu menerangkan bahwa ajang Piala Dunia U-20 merupakan sepenuhnya hak dari FIFA. Oleh sebab itu, ia tak bisa memaksakan apapun keputusan FIFA terkait dengan stadion nanti.

“Piala Dunia ini adalah hak dan propertinya FIFA, kita hanya ketempatan jadi tuan rumah. Jadi semua ketentuan, itu FIFA yang menentukan,” jelas Waketum I PSSI.

Baca Juga: Ngeri! PSSI Upayakan Timnas Indonesia Lawan Argentina di FIFA Matchday

Kendati demikian, Zainudin Amalin menyatakan hal tersebut sejalan dengan jaminan pemerintah sebelum Indonesia mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah ajang Piala Dunia U-20.

“Kita sudah punya komitmen, government guarantee sebelum dinyatakan lolos tuan rumah saat bidding [tuan rumah Piala Dunia U-20] 2019. Saya kira kita harus ikuti standar-standar FIFA dan yang mereka inginkan,” lanjutnya.

Masalah stadion tempat penyelenggaran Piala Dunia U-20 ini memang menjadi perhatian lebih yang ditunjukkan oleh Federasi Sepak Bola Indonesia (PSS).

Terkait soal stadion, Ketua Umum PSSI Erick Thohir pun juga telah melakukan inspeksi terhadap keenam stadion yang akan menjadi tempat perhelatan ajang Piala Dunia usia muda tersebut.

Dari keenam stadion itu, Stadion GBK menjadi salah satu yang dinilai paling memerlukan perbaikan, khususnya di masalah rumput lapangan.

Baca Juga: Tiga Ganda Indonesia Jumpa China di Semifinal All England 2023 Hari Ini

Akan tetapi terkait dengan persoalan stadion GBK, Amali mengatakan PSSI sudah mendapat jaminan dari pihak pengelola SUGBK untuk segera memperbaiki permasalahan yang menjadi catatan dari PSSI.

“Pada saat Ketua Umum [Erick Thohir] mengecek langsung [SUGBK], sudah mendapat jaminan dari direksi GBK bahwa saat FIFA datang ke Indonesia untuk memeriksa, dipastikan stadion sudah kembali normal,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam waktu dekat FIFA akan kembali melakukan inspeksi terhadap stadion-stadion yang akan menggelar perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Setelah melakukan inspeksi terhadap keenam stadion perhelatan Piala Dunia U-20, FIFA akan memutuskan apakah keenam stadion tersebut layak digunakan untuk ajang Piala Dunia usia muda tersebut.

Editor


Komentar
Banner
Banner