Harjad Banjarmasin

Meriahkan Harjad Banjarmasin, Kecamatan Ini Siapkan Atlet Silat dan Kuntau 

apahabar.com, BANJARMASIN – Tak lama lagi Kota Banjarmasin memasuki usia 493 tahun. Persiapan memeriahkan peringatan Hari…

Featured-Image
Seni Bela Diri Kuntau. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Tak lama lagi Kota Banjarmasin memasuki usia 493 tahun. Persiapan memeriahkan peringatan Hari jadi kota berjuluk seribu sungai inipun mulai dilakukan jajaran Pemko Banjarmasin. Seperti yang dilakukan Kecamatan Banjarmasin Utara.

Mereka menyatakan siap memeriahkan Harijadi Kota Banjarmasin dengan menggelar atraksi Seni Bela Diri Tradisional Khas Banjar kuntau dan Pencak Silat.

Persiapan untuk gelar rangkaian atraksi tersebut pun sudah dimatangkan pihak Kecamatan Banjarmasin Utara.

Menurut Camat Banjarmasin Utara, Apiluddin, gelar atraksi kesenian tradisional untuk memeriahkan rangkaian hari jadi Kota Banjarmasin ke 493 itu, sudah direncanakan pihaknya jauh hari bersama para atlet pencak silat Kota Banjarmasin yang tergabung dalam berbagai perguruan.

“Jadi kegiatan sore ini di Mawarung Baimbai adalah atraksi Pencak Silat dan Kuntau, yang nantinya akan kami tampilkan di rangkaian Hari Jadi Kota Banjarmasin ke 493," ujarnya.

Selain memeriahkan hari jadi Kota Banjarmasin, tuturnya, persiapan atraksi tersebut juga dilakukan untuk menyambut Kegiatan Parang Day yang akan dilaksanakan pada Bulan Desember 2019 nanti.

“Insya Allah pada Bulan Desember nanti Kota Banjarmasin akan kedatangan tamu dari 49 negara, untuk melihat atraksi Pencak Silat dan Kuntau dalam Kegiatan Parang Day," ucapnya.

Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah yang juga Ketua Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia (APPSBI) Kota Banjarmasin itu menyatakan, apresiasinya atas rencana Kecamatan Banjarmasin Utara bersama berbagai perguruan pencak silat di kota ini menggelar atraksi Pencak Silat dan Kuntau di rangkaian hari jadi Kota Banjarmasin ke 493 nanti.

Dari informasi terhimpun, untuk kegiatan atraksi Pencak Silat dan Kuntau saat hari jadi Kota Banjarmasin nanti, rencananya akan diikuti tujuh perguruan pencak silat yang tergabung dalam tiga organisasi. Yakni, Asosiasi Silat Budaya Indonesia, Federasi Perguruan Pencak Silat Budaya Internasional, dan Ikatan Pencak Silat Indonesia.

Sedangkan yang tampil dalam atraksi sore di kawasan Mawarung Baimbai adalah atlet Pencak Silat dari Perguruan Kucing Hitam dan Perguruan Mekar.

Baca Juga: Bikin Heboh, Artis Ibu Kota Ini Syuting di Pasar Terapung

Baca Juga: Jelang HUT ke-493 Banjarmasin, Pemkot Gelar Sayembara Pembuatan Logo Hari Jadi

Baca Juga: Cegah Kriminalitas, Polsek Banjarmasin Timur Lakukan Patroli

Baca Juga: Meriahkan 'Sehati Plus Cinta', Dinas Ketahanan Pangan HSS Gelar Bazar Murah

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Muhammad Bulkini

Komentar
Banner
Banner