News

Menkop UKM Teten Masduki Sebut Pertumbuhan Produk Lokal Perlu Diperkuat

apahabar.com, JAKARTA– Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menegaskan pentingnya spirit untuk membangun produk…

Featured-Image
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengunjungi stan UMKM dalam event Festival Cengkok Karya Mandiri di Tangerang. Foto: Kemenkop dan UKM

bakabar.com, JAKARTA– Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menegaskan pentingnya spirit untuk membangun produk lokal. Hal utama yang harus dilakukan adalah dengan terus ditumbuhkan sekaligus diperkuat.

Bagi Teten hal tersebut merupakan peluang besar bagi para pelaku UMKM. Terlebih, gaya hidup anak-anak muda saat ini yang cenderung lebih menyukai produk-produk custom unik ketimbang produk berkelas dunia.

“Ini sudah eranya menggunakan media sosial. Masyarakat yang membangun narasinya sendiri lewat Medsos terkait produk UMKM brand lokal,” kata Teten pada acara Festival Cengkok Karya Mandiri, di Desa Cengkok, Balaraja, Tangerang, Banten, Minggu (31/7).

Di acara pameran UMKM yang memamerkan makanan tradisional, bazar buku, hingga seminar literasi tersebut, Teten juga mengajak masyarakat untuk terus menarasikan bahwa kualitas produk lokal harus dalam kondisi sehat, bagus, dan bersaing dengan produk besar kelas dunia.

Oleh karena itu, Menkop UKM mendukung langkah Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar untuk membangun Dapur Bersama Produksi UMKM di Desa Cengkok. “Dengan membangun Rumah Produksi Bersama atau 'Factory Sharing' agar memudahkan mendapat izin edar dari BPOM. Sehingga, bisa lebih luas wilayah pasarnya,” ujar Teten.

Agar lebih produktif lagi, imbuh Teten, pihaknya mendorong para pelaku usaha mikro untuk berkoperasi. Sebab, penyediaan alat produksi bersama dapat diadakan melalui koperasi. Selain itu, Teten juga mengakui eksistensi produk lokal harus ditata ulang. Caranya, dengan tidak memunculkan banyak produk. Menurutnya, jumlah produk yang sedikit, jauh lebih baik, dibandingkan dengan banyak produk namun lemah secara pondasi.

“Adanya factory sharing itu untuk memperkuat produktivitas dan kualitas produk dengan brand lokal yang tidak terlalu banyak,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyebutkan bahwa saat ini persaingan dunia usaha semakin tinggi. Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat, khususnya warga Desa Cengkok untuk meningkatkan kualitas SDM. Selain itu, Bupati Tangerang juga mengajak masyarakat untuk memperkuat literasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk UMKM dan berbasis kearifan lokal.

“Karena kebanyakan produk UMKM di Desa Cengkok didominasi makanan dan minuman atau kuliner, maka saya mendukung perlunya dibangun satu Dapur Bersama, untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas produk UMKM,” pungkasnya.

Tags
News


Komentar
Banner
Banner