Kasus Korupsi

Menhub Budi Karya Diduga Titipkan Kontraktor Proyek DJKA

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami peran Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi yang diduga menitipkan kontraktor proyek pembangunan jalur

Featured-Image
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (foto:apahabar.com/dianfinka)

bakabar.com, JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami peran Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi yang diduga menitipkan kontraktor proyek pembangunan jalur kereta api.

Hal ini disampaikan Direktur Prasarana Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub, Harno Trimadi saat menjadi saksi dalam sidang dugaan suap pejabat DJKA di Pengadilan Tipikor Semarang, Jawa Tengah, Kamis (3/8) kemarin.

"Tentu kami pastikan akan dalami lebih lanjut fakta sidang tersebut oleh Tim Jaksa KPK maupun pada proses penyidikan yang saat ini masih terus kami selesaikan," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Jumat (4/8).

Baca Juga: KPK Cecar Dua Anggota DPR Usut Korupsi DJKA Kemenhub

Ali menambahkan bahwa penyidik masih menganalisa kesaksian Budi Karya yang diduga ikut terjerat dalam kasus rasuah di Ditjen Perkeretaapian.

Sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan pemeriksaan terhadap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, sebagai saksi kasus dugaan korupsi di lingkungan Direktorat Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

“Hari ini saya telah hadir sebagai saksi Korupsi dari perkeretaapian,” ujar Budi sesaat setelah ia selesai diperiksa, Rabu (26/7).

Baca Juga: Menhub Budi Karya Jalani 10 Jam Pemeriksaan di KPK

Ia diperiksa selama 10 jam. Tak hanya Menhub, KPK turut memeriksa Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Ariyanto. Pada pukul 07.25 pagi tadi ia datang memenuhi panggilan KPK dan usai pada pukul 17.35 WIB.

Tidak banyak yang dikatakan oleh Budi terkait jalannya pemeriksaan. Ia juga tidak menjelaskan berapa pertanyaan yang diajukan oleh tim KPK. Pada saat keluar ia terlihat sudah menyiapkan keterangan apa saja yang akan ia sampaikan kepada awak media.

Keterangan tersebut ia catat disebuah kertas dengan tulisan tangan menggunakan pena dengan tinta berwarna biru.

Editor


Komentar
Banner
Banner