Pemenang Oscar

Menginspirasi, Ini Empat Film dari Sutradara Baru yang Menang Oscar

Pemenang Oscar biasanya selalu diisi oleh sutradara kawakan di industri perfilman. Tapi sering kali sutradara baru beruntung.

Featured-Image
Poster film Ordinary People. Foto: IMDB

bakabar.com, JAKARTAPemenang Oscar biasanya selalu diisi oleh sutradara kawakan di industri perfilman. Tapi sering kali sutradara baru beruntung.

Walaupun dinilai baru, namun karya sutradara itu mendapat penilaian terbaik dan layak untuk mendapat penghargaan oleh para penggemar film dan pekerja seni lainnya.

Piala Academy Award atau yang lebih dikenal dengan sebutan Oscar, merupakan penghargaan tertinggi bagi sejumlah pekerja seni di dunia perfilman.

Hal itu tentu akan menjadi inspirasi bagi sejumlah pencipta film yang membuat karya terbaiknya. Berikut empat rekomendasi film pemenang Oscar yang dibuat oleh sutradara pemula.

West Side Story (1961)

Cuplikan dalam film West Side Story (1961). Foto: Letterboxd
Cuplikan dalam film West Side Story (1961). Foto: Letterboxd

Rekomendasi pertama diawali dengan film bergenre drama musical, yaitu West Side Story. Film itu dibuat oleh Robert Wise dan Jerome Robbins yang merupakan sutradara yang baru memulai debutnya.

Baca Juga: Samsung Bikin Film Pendek Gandeng Sutradara Pemenang Oscar

Diadaptasi dari cerita teater musical Broadway, West Side Story bercerita tentang konflik yang terjadi antar geng Jets dan Sharks di pusat kota New York, akibat adanya hubungan percintaan dari kedua pemimpin tersebut.

West Side Story dinilai memiliki koreografi yang inovatif dengan alunan musik yang menawan, dan pesan sosial mendalam tentang perbedaan ras dan budaya. Tidak hanya itu, film tersebut juga termasuk drama musikal paling berpengaruh dalam sejarah perfilman.

Get Out

Cupilkan film Get Out. Foto: Vox
Cupilkan film Get Out. Foto: Vox

Terbilang baru sebagai sutradara, Jordan Peele sukses menggebrak indutstri perfilman. Pasalnya ia menjadi sutradara horror pertama yang berhasil meraih penghargaan Oscar lewat karyanya yang bertajuk “Get Out”.

Film itu mendapat penilaian terbaik karena mampu membuat karya bergenre horror tapi memiliki pesan sosial berupa kritik yang menyangkut persoalan tentang stereotip dan rasisme.

Get Out bercerita tentang seorang pria Afrika-Amerika yang mengunjungi keluarga pacarnya yang kulit putih di sebuah rumah pedesaan terpencil. Perjalanan menyenangkan itu harus berakhir mengerikan tatkala tokoh utama menemukan rahasia terdalam dari keluarga pacarnya.

Marty

Film Marty (1955). Foto: IMDB
Film Marty (1955). Foto: IMDB

Temasuk sebagai salah satu film klasik terbaik, Marty merupakan film drama hasil garapan sutradara baru, Delbert Mann. Tdiak hanya membawa pulang piala Oscar sebagai Sutradara Terbaik, film karya Delbert Mann berhasil menjadi film terbaik pada 1955.

Baca Juga: Sineas Yogya Tembus Ajang Film Bergengsi Festival Film Toronto

Marty bercerita tentang seorang pria bernama Marty Piletti yang hidup dalam kesepian. Ia terus menderita akibat merasa terjebak dalam kehidupan lajangnya, hingga suatu harus bertemu seorang gadis bernama Clara dan ketika itu dunia yang dijalaninya mulai berubah.

Ordinary People

Poster film Ordinary People. Foto: IMDB
Poster film Ordinary People. Foto: IMDB

Menjadi sutradara legendaris masa kini, Robert Redford ternyata berhasil meraih penghargaan Oscar pada awal debutnya di industri perfilman. Ia membuat film bergenre drama keluarga yang bertajuk Ordinary People.

Ordinary People bercerita tentang perjuangan seorang ibu bernama Mary Tyler Moore dalam menjaga keutuhan keluarganya setelah menghadapi tragedy memilukan.

Mary Tyler Moore harus menerima kenyataan pahit bahwa anak pertamanya bernama Buck, meninggal dunia setelah bermain perahu dengan sang adik, Conrad.

Akibat kejadian itu Conrad harus hidup dengan perasaan bersalah dan berencana untuk mengahikiri hidupnya, tapi Mary berusaha untuk memastikan keluarganya tetap utuh.

Editor


Komentar
Banner
Banner