News

Mengenal Laksmi Suardana, Wanita Bali Pertama Penyandang Gelar Puteri Indonesia 2022

apahabar.com, JAKARTA – Mahkota Puteri Indonesia 2022 resmi diberikan kepada Laksmi Shari De-Neefe Suardana dari Bali….

Featured-Image
Laksmi Shari De-Neefe Suardana menjadi wanita Bali pertama yang memenangi Putri Indonesia. Foto: Detik

bakabar.com, JAKARTA – Mahkota Puteri Indonesia 2022 resmi diberikan kepada Laksmi Shari De-Neefe Suardana dari Bali.

Laksmi menjadi wanita Bali yang menyandang gelar Putri Indonesia, setelah dinyatakan sebagai pemenang dalam final yang digelar di Jakarta Convention Center, Jumat (28/5) malam.

Penampilan wanita kelahiran 26 Januari 1996 ini sukses mampu memukau juri, sekaligus mengalahkan 43 perwakilan finalis dari 34 provinsi di Indonesia.

Di antara juri yang menilai adalah Ketua DPR, Puan Maharani, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Anya Geraldine dan Kusuma Ida Anjani.

Sementara runner up II yang juga akan menyandang gelar sebagai Puteri Indonesia Pariwisata, ditempati Adinda Chreseilla dari Jawa Timur.

Sedangkan posisi runner up I yang juga akan menyandang gelar sebagai Puteri Indonesia Lingkungan, diduduki Cindy May McGuire dari DKI Jakarta.

Laksmi merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Nama wanita berdarah Bali-Australia ini diambil dari Dewi Laksmi yang terkenal dengan kemampuan mengubah mimpi menjadi kenyataan dalam kisah perwayangan.

Ibu Laksmi merupakan wanita Australia bernama Janet De-Neefe. Diketahui Janet merupakan putri John De-Neefe, salah seorang pengusaha sukses di Australia. Sedangkan ayah Laksmi bernama Ketut Suardana.

Dilansir dari situs resmi Puteri Indonesia, Laksmi mendapat gelar akademik di Polimoda Bachelor of Fashion Business dengan cum laude di pertengahan 2020.

Keseharian Laksmi terbilang sibuk dan memiliki berbagai aktivitas. Misalnya menjadi Host IG Live Book Club untuk Ubud Writers & Readers Festival sejak 2020.

Kemudian Klub Buku Narasi Bookshelf Tour 2021, moderator untuk peluncuran buku di Ubud Writers & Readers Festival 2021, serta sebagai Puteri Indonesia Bali 2022.

Tidak hanya itu, Laksmi juga merupakan sukarelawan untuk mengajar Bahasa Inggris di Hope for Bali, Yayasan Begawan, serta kerap mengunjungi Lembaga Pembinaan Khusus Anak IIB di Karangasem Bali.

Laksmi dikenal sebagai pribadi sederhana. Hal-hal yang disukai pun sederhana, seperti hanya seputar jalan menelusuri desa, memasak, berkebun, berkuda dan mendaki.

Laksmi sendiri memiliki keinginan untuk meningkatkan minat baca di Indonesia. Terlebih selama mengajar, Laksmi menemukan buta aksara di Bali masih tergolong tinggi.

“Saya adalah jiwa kreatif dengan aspirasi untuk menciptakan perubahan positif dengan hasrat untuk keanekaragaman hayati, kesejahteraan, desain, seni, dan budaya,” papar Laksmi.

“Misi saya adalah berusaha untuk memperbaiki ruang di sekitar saya dan merangkul warisan dan tradisi sebagai orang Bali,” tambahnya.

Laksmi yang juga pemenang Putri Indonesia Bali 2022, dikenal sejak membintangi film biografi Eat Pray Love (2010) sebagai pemeran cameo bersama Julia Roberts.

Daftar Lengkap Pemenang

Puteri Indonesia kembali digelar, setelah ditiadakan selama kurang lebih dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Dalam edisi comeback, Puteri Indonesia mengambil tema Borobudur. Berbeda dengan sebelumnya, finalis tidak lagi 39 orang, tetapi ditambah menjadi 44 orang.

Berikut daftar lengkap pemenang Puteri Indonesia 2022:

Puteri Indonesia 2022: Laksmi Shari De Beefe Suardana (Bali)

Puteri Indonesia Lingkungan: Cindy May McGuire (DKI Jakarta)

Puteri Indonesia Pariwisata: Adinda Chreseilla (Jawa Timur)

Puteri Intelegensia 2022:
1. Magiana Ignasia (Kalimantan Timur)
2. Adinda Chreseilla (Jawa Timur)
3. Fransisca (Kalimantan Selatan)

Puteri Indonesia Berbakat 2022: Angelia Rizky (DKI Jakarta)

Puteri Indonesia Kostum Tradisional Terbaik 2022: Jasmin K Dhilom (Maluku)



Komentar
Banner
Banner