Tak Berkategori

Mengenal Domain .id Dan Perbadaan Dengan Domain TLD

Berbicara mengenai domain, pastinya kalian sudah pasti mengenal domain tld atau top level domain, seperti .com…

Berbicara mengenai domain, pastinya kalian sudah pasti mengenal domain tld atau top level domain, seperti .com .net dan masih banyak lainnya, nah jika kamu lagi nyari domain id dan juga ingin mengetahui apa perbedaannya dengan domain lain, Simak artikel ini sampai habis.

pada artikel ini akan mengulas domain dengan extensi .id mengenai kelebihan dan perbedaan antara top level domain lainnya.

Untuk saat ini domain .id banyak digunakan untuk keperluan tertentu, seperti halnya digukan untuk website company dan juga instansi resmi.

Domain pada saat ini memiliki banyak jenisnya yang sering kita jumpai, dan setiap jenisnya memiliki kelebihan masing masing, karna itu, kamu wajib tahu kelebihan jenis domain .id ini untuk digunakan pada website kamu.

Perbedaan Domain .ID dengan Domain .com

Perbedaan yang Pertama

Satu perbedaan yang paling mendasar yang ada pada domain ini iyalah pada pengelolaannya, untuk domain .id dikelola oleh Pengelola Domain Indonesia, atau yang sering kita dengan yaitu PANDI.

Sedangkan Domain .com dikelola oleh penyedia internasional atau yang sering kita dengar dengan nama ICANN, atau juga Internet Corporation For Assigned Name And Numbers.

Perbedaan yang kedua.

Perbedaan yang kedua terletak pada hak kepemilikan domain yang digunakan, jika domain .com cenderung lebih bebas jika dibandingkan dengan domain .id.

Hal ini dikarenakan domain .com berasal dari Internasional, sehingga semua orang di seluruh dunia dapat menggunakan domain jenis .com ini.

Sedangkan domain .id, hanya bisa dibeli untuk warga negara indonesia saja, dan penggunaannya pun terbatas, untuk perusahaan atau juga untuk pihak tertentu.

Perbedaan yang ketiga.

Seperti yang diketahui, untuk membeli domain dengan extensi .com dan juga lainnya, kita tidak wajib memiliki dokumen apapun untuk membelinya, Dan itu artinya domain .com dapat dibeli secara bebas tanpa syarat apapun.

Sedangkan untuk membeli domain .id kita harus memiliki beberapa dokument sebagai persyaratan untuk membeli domain tersebut, Untuk penjelasan apa saja persyaratan membeli domain extensi .id ini, lanjut pada poin berikutnya.

Syarat mebeli domain .id

Seperti yang kita tahu, domain .com dapat dibeli dengan mudah dan juga murah, dimana kamu dapat membelinya disitus yang menyediakannya.

Sedangkan untuk membeli domain .id kamu harus mencari situs yang menyediakan atau situs yang sudah bekerjasama dengan PANDI, untuk kisaran harga domain ini pada awal kemunculannya di bandrol dengan harga yang cukup tinggi, yaitu berkisar Rp 500.000.

Akan tetapi sekarang dengan dana berkisar Rp 200.000 kamu sekarang bisa memiliki domain .id ini.

Nah untuk saat ini itu saja penjelasan dan perbedaan antara domain .id dengan doman TLD lainnya, untuk artikel berikutnya, saya akan menulis mengenai apa itu topologi bus



Komentar
Banner
Banner