Rekomendasi Film

Menelusuri Sisi Lain Ibu Kota Lewat 5 Film Bertema Jakarta

Pada usianya yang ke-496 ini, Jakarta telah melewati perjalanan panjang hingga bisa menjadi ibukota negara terpenduduk terpadat.

Featured-Image
Poster film pendek Surat untuk Jakarya. Foto: Pijaru

bakabar.com, JAKARTA – Pada usianya yang ke-496 ini, Jakarta telah melewati perjalanan panjang hingga bisa menjadi ibu kota negara berpenduduk terpadat.

Jakarta punya segudang cerita dari beragam sisinya. Mulai dari cerita tentang sumpeknya, rakyatnya, hingga tingkah para pejabat.

Aneka cerita unik masyarakat Jakatrta, banyak menggoda sines tanah air untuk merekamnya dalam sebuh film, baik dalam bentuk film pendek maupun layar lebar.

Berikut 5 rekomendasi film yang bercerita tentang beragam kehidupan di kota Jakarta yang bisa Anda nikmati dalam memeriahkan ulang tahun Jakarta:

Baca Juga: Peluang, United Tractors Kembali Buka Lowongan Buat S1 dan S2

Sanubari Jakarta

Poster film Sanubari Jakarta. Foto: IMDB
Poster film Sanubari Jakarta. Foto: IMDB

Sanubari Jakarta merupakan kumpulan dari beberapa film pendek yang disatukan dalam satu tema. Tema yang diangkat bercerita tentang kisah percintaan orang-orang di daerah Jakarta.

Film yang berisi kumpulan cerita pendek itu sempat ditayangkan pada seluruh bioskop di Indonesia tahun 2012.

Beberapa film pendek yang dikumpulkan dalam Sanubari Jakarta, yaitu Pembalut, Kentang, ½, Lumba-lumba, Topeng Srikandi, Terhubung, Menunggu Warna, Malam ini Aku Cantik, Untuk A hingga film Kotak Coklat.

Baca Juga: Pendaki Gunung Merapat! Ada Promo Fantastis Aneka Produk Hiking di Jakarta Fair 2023

Jakarta Undercover

Poster film Jakarya Undercover. Foto: IMDB
Poster film Jakarta Undercover. Foto: IMDB

Jakarta Undercover merupakan film bergenre drama yang disutrdarai oleh Fajar Nugros serta dibintangi oleh Oka Antara sampai dengan Luna Maya.

Film itu bercerita tentang seorang wanita yang bernama Vikitra. Dia melarikan diri dari Medan ke Jakarta bersama sang adik. Keduanya pergi setelah melakukan pembunuhan terhadap sang ayah, karena harus melindungi ibunya yang selalu disiksa.

Banyak cerita tidak biasa yang dialami Vikitra dan sang adik, setelah mereka memutuskan untuk diam di Jakarta. Seperti melihat aksi pembunuhan secara langsung dan hal itu menjadi masalah baru bagi Vikitra.

Baca Juga: Jelajah Hari Pengungsi Sedunia: Ketika Harapan Jauh dari Rumah

Selamat Pagi, Malam

Poster film Selamat Pagi, Malam. Foto: vidio
Poster film Selamat Pagi, Malam. Foto: Vidio

Disutradarai oleh Lucky Kuswandi, Selamat Pagi, Malam salah satu film tanah air yang berhasil meraih sejumlah penghargaan.

Salah satu penghargaan yang pernah dicapai seperti Tokyo International Film Festival untuk kategori Asian Future Best Film Award dan Hong Kong Asian Film Festival untuk kategori New Talent Award.

Selamat Pagi, Malam bercerita tentang tiga perempuan yang bernama Indri, Anggia, dan Cik Surya dengan berlatar belakang kehidupan Jakarta.

Suatu hari ketiga perempuan tersebut bertemy dan saling mengenal. Pertemuan ketiganya yang kemudian menjadi kisah awal dari perubahan-perubahan dalam hidup mereka.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Taylor Swift Batal Konser di Indonesia Gegara Kondisi Politik

Surat Untuk Jakarta

Poster film pendek Surat untuk Jakarya. Foto: Pijaru
Poster film pendek Surat untuk Jakarta. Foto: Pijaru

Disutradari oleh Andre Sugianto, Aditya Prabaswara, dan Ardhira Anugrah Putra, Surat Untuk Jakarta merupakan hadiah dari sines lokal pada hari jadi DKI Jakarta ke-489.

Surat Untuk Jakarta merupakan film pendek yang dibuat dalam bentuk animasi dan berhasil meraih penghargaan dalam ajang Film Indonesia 2016.

 Film itu menceritakan kehidupan masyarakat kota Jakarta yang sarat akan kritik-kritik sosial yang ditujukan khsusu untuk ibukota negara tersebut.

Baca Juga: Jangan Lewatkan! Ada Dua Atraksi Menakjubkan di Jakarta Fair 2023

Jakarta vs Everybody

Poster film Jakarta vs Everybody. Foto: Antara
Poster film Jakarta vs Everybody. Foto: Antara

Film Jakarta vs Everybody Disutradarai oleh Ertanto Robby Soediskam dan dibintangi Jefri Nichol, Wulan Guritno, Ganindra Bimo, Dea Panendra, dan Jajang C. Noer.

Jakarta vs Everybody bercerita tentang kisah perjuangan seorang pemuda yang bermimpi untuk menjadi aktor ternama di ibu kota.

Tapi, untuk mencapai mimpinya, ia harus berhadapan dengan lika liku kehidupan di kota Jakarta. Mulai dari harus menjadi pengedar narkoba, bertemu dengan orang-orang salah, hingga pergaulan yang terlalu bebas di ibu kota.

Editor


Komentar
Banner
Banner