Vandalisme Di Gua Hira

Menag Yaqut Kecam Vandalisme Bertulis Depok di Gua Hira

Aksi vandalisme diduga dilakukan warga negara Indonesia di Gua Hira, Arab Saudi. Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengecam perbuatan itu.

Featured-Image
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (27/7). Foto: apahabar.com/Rizky Dewantara

bakabar.com, TANGERANG - Aksi vandalisme diduga dilakukan warga negara Indonesia di Gua Hira, Arab Saudi. Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengecam perbuatan itu.

"Ini menjadi catatan buat kami. Ke depannya ini bagian dari manasik haji, di mana jemaah tidak boleh melakukan tindakan seperti itu," katanya kepada wartawan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (27/7) siang.

Kata dia, Gua Hira itu adalah tempat sakral. Lokasi Nabi Muhammad menerima wahyu pertama. Tak elok untuk dirusak. Termasuk melakukan aksi vandalisme atas alasan apapun.

"Saya rasa aksi vandalisme ini sesuatu perbuatan yang sangat tidak patut dilakukan. Apalagi ini terjadi Gua Hira, Tanah Suci, yang sangat bersejarah," tegas dia.

Baca Juga: Viral! Ada Tulisan Depok di Gua Hira

Sekali lagi, Yaqut tegas. Ke depan mereka bakal melakukan perbaikan. Terutama soal tingkah laku  jemaah haji asal Indonesia ketika berada di Tanah Suci.

"Semisal, kami akan memperbaiki perilaku para jemaah. Bagaimana menggunakan toilet di pesawat, masalahnya masih banyak jemaah yang tidak mengerti hal itu," pungkasnya.

Untuk menyegarkan ingatan. Vandalisme yang dimaksud bertuliskan 'Depok'. Juga ada beberapa nama orang Indonesia. 

Pemandangan itu diperlihatkan Habib Jafar Al Hadar. Dia mengunggah video lewat media sosial miliknya.

Editor


Komentar
Banner
Banner