Potensi Laut Samboja

Memotret Kecamatan Samboja yang Kaya dengan Potensi Laut

Kecamatan Samboja punya potensi besar dalam sektor perikanan dan rumput laut. Wilayahnya yang terletak di bibir pantai menyimpan potensi laut yang kaya.

Featured-Image
Camat Samboja, Damsik upayakan pengembangan potensi laut Samboja. Foto: Istimewa.

bakabar.com, TENGGARONG - Kecamatan Samboja punya potensi besar dalam sektor perikanan dan rumput laut. Wilayahnya yang terletak di bibir pantai menyimpan potensi laut yang kaya.

Apalagi wilayah Samboja ditopang mayoritas desanya berbatasan langsung dengan laut. Potensi ini akan memberikan dampak ekonomi yang besar jika dikelola dengan baik.

Baca Juga: Tingkatkan SDM Pariwisata, Dispar Kukar Gencarkan Pelatihan Pengelola Wisata

Camat Samboja, Damaik mengatakan hanya ada benerapa desa dan kelurahan yang tidak berhadapan langsung dengan pantai. Hal ini menjadikan potensi ikan dan rumput laut dari Kecamatan Samboja sangat melimpah.

“Mulai dari Kelurahan Tanjung, Kelurahan Kuala, Pamedas sampai ke Muara sembilang itu semua di bibir pantai dan penghasil ikan yang terbesar di daerah-daerah itu, termasuk juga pembudidayaan rumput laut,” papar Damsik, Rabu (25/10) lalu.

Bahkan selama ini, ikan laut hasil tangkapan nelayan di Kecamatan Samboja didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan ikan beberapa kota besar di sekitarnya, seperti Samarinda, Balikpapan, termasuk Tenggarong.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Sejak masa lalu, mayoritas masyarakat di Kecamatan Samboja sudah menggantungkan hidupnya dari hasil melaut. Potensi ini, kata Damsik, yang akan meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat Samboja.

karena itu, dengan dibangunnya pabrik pengolahan rumput laut di Kecamatan Muara Badak akan mamaksimalkan pengelolaan potensi yang ada sehingga masyarakat akan semakin maju.

“Jadi selain nelayan tangkap ikan, banyak juga pembudidaya rumput laut di Samboja. Nah dengan pembangunan pabrik rumput laut di Muara Badak ini kan bisa memudahkan para petani dalam menjual hasil panennya. Pabrik itu sudah sangat kami nantikan,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner