Peristiwa & Hukum

Banjir Warnai Awal 2024 di HST, Berikut Lima Kecamatan Paling Terdampak

Hingga hari ke-4 di tahun 2024, setidaknya ada lima kecamatan di HST yang menjadi lokasi paling terdampak.

Featured-Image
Jalan Brigjen H Hasan Basri, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Foto- apahabar.com/Luthfia

bakabar.com, BARABAI – Bencana banjir yang datang berulang kali mewarnai awal tahun 2024 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Hingga hari keempat di 2024, setidaknya ada lima kecamatan di HST yang menjadi lokasi paling terdampak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HST, H Ahmad Apandi menjelaskan lima kecamatan terdampak banjir per 3 Januari 2024, meliputi Kecamatan Pandawan, Haruyan, Batang Alai Timur, Batu Benawa, dan Kecamatan Barabai yang tersebar pada 13 desa dan kelurahan.

"Empat kecamatan terdampak banjir dan 1 kecamatan mengalami tanah longsor. 7 desa dan 5 kelurahan terdampak banjir dan 1 desa telah terjadi tanah longsor," jelasnya, Kamis (4/1/24).

Lebih rinci ia menjelaskan, untuk total rumah terdampak sebanyak 1.307 rumah yang dihuni oleh 1.743 kepala keluarga (KK) dan 5.007 jiwa.

Ia juga menjelaskan wilayah lain yang terendam yakni Desa Jaranih Kecamatan Pandawan dengan jumlah rumah terendam 9 rumah yang dihuni oleh 10 KK dan 32 jiwa.

Kemudian juga berbagai fasilitas umum, yakni ada 9 tempat ibadah, 9 sekolah, 5 kantor, 2 pasar, serta 1 puskesmas.

"Sampai saat ini tidak ada pengungsi atau korban jiwa. Alhamdulillah banjir juga sudah surut," bebernya.

Walau begitu, ia terus mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada namun jangan panik. Terlebih, untuk warga yang berada di bantaran sungai, titik rawan banjir, serta dataran rendah.

"Jika terjadi hujan deras, angin kencang, banjir atau tanah longsor, warga diharapkan tetap tenang. Amankan keluarga, barang-barang berharga dan jangan lupa aliran listrik," pesannya.

Terbaru, berdasarkan pantauan bakabar.com Kamis (4/1/24) sore, sejumlah titik di Kabupaten HST kembali diguyur hujan dengan intensitas sedang dan lebat.

Editor


Komentar
Banner
Banner