Tak Berkategori

Memanjakan Mata ke Wisata Alam Pulau Bakut

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebagian orang mungkin masih asing mendengar Wisata Alam Pulau Bakut di Kabupaten Barito…

Featured-Image
Wisata Alam Pulau Bakut mulai dilirik wisatawan lokal. Foto-apahabar/Rizal Khalqi

bakabar.com, BANJARMASIN – Sebagian orang mungkin masih asing mendengar Wisata Alam Pulau Bakut di Kabupaten Barito Kuala.Ya, tempat wisata ini memang baru dibuka Januari 2019.

Kini taman wisata alam yang berada persis bawah Jempatan Barito itu mulai ramai dikunjungi warga lokal, khususnya dari Banjarmasin.

Nah, bagi yang ingin mencoba menuju objek wisata baru ini hanya merogoh kocek Rp55 ribu per orang. Ongkos yang dikeluarkan sudah termasuk biaya kelotok.

Wisatawan akan dibawa melintasi Sungai Martapura Banjarmasin, atau lebih tepat dari Siring 0 Km melintasi Sungai Barito hingga sampai ke Pulau Bakut.

Mengunakan kapal bermuatan kurang lebih 25 orang, tour sungai ini akan dimulai pukul 13.00 Wita. Sepanjang perjalanan pengunjung akan disajikan pemandangan rumah-rumah panggung, bertihang kayu ulin dan galam.

Dari sungai Martapura, perahu atau yang biasa disebut warga sekitar kelotok akan menyusuri anak sungai yang terhubung langsung ke Sungai Barito.

Jangan heran, ketika sudah sampai muara sungai, pengunjung akan langsung melihat barisan kapal tongkang bermuatan batu bara hilir mudik melintas. Kurang lebih dua jam, pengunjung akan sampai di dermaga Pulau Bakut.

Untuk sementara ini, masih belum ada biaya masuk atau karcis yang diberlakukan.

Pada awalnya, Pulau Bakut adalah salah satu tempat rehabilitasi bekantan. Pulau ini terdiri dari ratusan tumbuhan pohon mangrove.

Untuk berkeliling, pengunjung diberikan fasilitas jembatan yang terbentang mengelilingi pulau.Ada dua menara pantau yang terletak di tengah-tengah pulau, pengunjung pun bisa bergantian naik.

Salah seorang pengunjung mengaku takjub dengan pemandangan hutan mangrove yang terhampar di tengah-tengah Sungai Barito.

“Pemandangannya bagus. pemandangan hutan Mangrove ini, kayanya baru ada di Banjarmasin,” ujar Ainun.

Setelah berkeliling Pulau Bakut, pengunjung akan diajak ke Mesjid Nanas dengan perahu dan kembali lagi ke Banjarmasin

Untuk paket tour, salah satu agensi yang menyediakan paket susur sungai adalah Banjarmasin Holiday.

Selain Susur Sungai, ke Pulau bakut, Banjarmasin Holiday juga mengediakan paket susur sungai kecil di Banjarmasin.

Untuk pemesanan bisa kunjungi instagram @Banjarmasinholiday. Silakan mencoba.

Baca Juga:Bagasi Berbayar Pengaruhi Sektor Pariwisata

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner