Kongres MAPKB

Marullah: Kongres MAPKB Teguhkan Komitmen Betawi Majukan Jakarta!

Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi (MAPKB) menghelat kongres perdananya yang dibuka secara langsung oleh Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di Balai

Featured-Image
Kongres pertama Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi (MAPKB) di Balai Agung, Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, pada Jumat (9/6). FOTO/PPID DKI

bakabar.com, JAKARTA - Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi (MAPKB) menghelat kongres perdananya yang dibuka secara langsung oleh Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di Balai Agung Jakarta, Jumat (9/6). 

Kongres MAPKB akan digelar selama dua hari dan akan dilanjutkan di Candi Bentar, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (10/6) besok.

Menurut Ketua Organizing Committee Kongres MAPKB, Riano P Ahmad, kongres digelar dengan spirit guyub untuk mematangkan langkah memajukan kebudayaan Betawi dan DKI Jakarta.

Baca Juga: Anak Buah PJ Heru Ajak Para Tokoh Lestarikan Budaya Betawi

“Insya Allah, kami siap menyelenggarakan Kongres dengan mengedepankan kekompakan dan semangat guyub, demi kemajuan Betawi,” kata Riano.

Selain Pj Gubernur DKI Jakarta, pembukaan juga akan dihadiri oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, dan segenap tokoh-tokoh dan sesepuh Betawi, beserta undangan lainnya.

Sementara Ketua MAPKB H. Marullah Matali menyebut penyelenggaraan Kongres MAPKB sebagai salah satu tonggak penting dalam perjalanan sejarah masyarakat Betawi.

"Tak hanya sekadar bentuk kearifan masyarakat Betawi dalam menyikapi dinamika yang berkembang selama ini, Kongres juga menunjukkan kuatnya komitmen orang Betawi dalam membangun Jakarta," ujar Marullah.

Baca Juga: Ribuan Warga DKI Kepung Monas Semarakkan Lebaran Betawi 2023

Marullah yang juga menjabat Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata ini mengungkapkan bahwa Kongres menemukan momentum dan urgensinya lantaran dilaksanakan tepat di saat Pemerintah sedang melakukan revisi Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2007 tentang Kekhususan DKI Jakarta.

“Ibu kota yang baru akan ramai, tetapi Jakarta pasti tidak akan pernah sepi,” ujarnya.

Diketahui dalam gelaran pra-Kongres MAPKB sukses menelurkan berbagai rancangan materi dan ketetapan, di antaranya Rancangan Keputusan Ketetapan Adat MAPKB tentang Kaidah Kelembagaan Adat MAPKB, Rancangan Keputusan Ketetapan Adat MAPKB tentang Kaidah Kepemimpinan Adat MAPKB, serta Rancangan Ketetapan MAPKB tentang Rekomendasi Majelis Kaum Betawi.

Baca Juga: Sandiaga Uno Sampaikan Pesan Jokowi saat Hadiri Lebaran Betawi

Seluruh materi dan rancangan itu akan disempurnakan dan diputuskan sebagai ketetapan Kongres dalam persidangan.

Panitia Pelaksana dan Pengarah berharap Kongres MAPKB dapat berjalan lancar dan melahirkan keputusan-keputusan terbaik bagi Betawi, Jakarta, dan Indonesia.

“Kami juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya Pj. Gubernur, Ketua DPRD DKI Jakarta, pihak Taman Impian Jaya Ancol, dan dinas-dinas terkait yang telah membantu terselenggaranya Kongres ini,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner