Habar Pemilu 2024

Mantan Ketua Bawaslu Tabalong: Jaga Kekompakan Kawal Pemilu 2024

Belum lama tadi tampuk kepemimpinan Bawaslu Kabupaten Tabalong berganti.

Featured-Image
Ketua Bawaslu Tabalong, Mahdan Basuki, saat memberikan sambutan paada acara pisah sambut. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG - Belum lama tadi tampuk kepemimpinan Bawaslu Kabupaten Tabalong berganti.

Dari 3 komisioner, hanya satu orang yang kembali bertugas lima tahun ke depan, yaitu Mahdan Basuki yang kemudian terpilih sebagai Ketua Bawaslu Tabalong periode 2023-2028, bersama H Taberani dan M Zainudin.

Sementara dua komisioner lainnya tidak lagi bertugas di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tabalong.

Satu komisioner terpilih sebagai anggota KPU Provinsi Kalimantan Selatan, yakni M Fahmi Failasofa. Sementara Ketua Bawaslu terdahulu, Hirsan, tidak terpilih kembali sebagai komisioner Bawaslu Tabalong.

Pasca-M Fahmi Failasofa dilantik sebagai anggota KPU Provinsi Kalsel, kedudukannya sempat digantikan Pengganti Antar Waktu (PAW) oleh Rajuli.

Para komisioner Bawaslu 2018-2023 dan 2023-2028 inipun melakukan pisah sambut agar silaturahmi tetap terjaga di kalangan Bawaslu Tabalong dan Panwaslucam.


Pada kesempatan itu, Hirsan, berpesan agar jajaran Bawaslu Tabalong dapat mengawal penyelenggaraan pemilu 2024 dengan baik.


“Pertahankan kekompakan yang  dan selalu solid dalam pelaksanaan tugas termasuk kepada para Panwaslu kecamatan, kelurahan dan desa,"
katanya, Jumat (15/9).

Sementara, M Fahmi Failasofa, meminta jajarannya terus melakukan inovasi pengawasan disetiap tahapan.


Termasuk menjaga integritas, kemandirian dan kredibilitas sebagai penyelenggara pemilu.


“Penyelenggara pemilu wajib bekerja dan bertindak berdasarkan kode etik, pedoman perilaku, dan sumpah janji," ingat Fahmi.


Ketua Bawaslu Tabalong,  Mahdan Basuki, memandang perlu melakukan silaturrahmi dengan para senior pengawas di Tabalong.


“Bawaslu sebagai lembaga tentunya harus dekat dengan seluruh stakeholder. Tidak hanya dengan instansi pemerintah namun juga dengan non pemerintah termasuk media dan masyarakat," terang mantan wartawan ini.


Komisioner Bawaslu Tabalong lainnya, M Zainudin, mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Bawaslu Tabalong sebelumnya yang telah membimbing dirinya sewaktu menjadi Panwaslu Kecamatan Bintang Ara.


“Termasuk rekan-rekan senior di kecamatan, mohon dukungan dan kerjasamanya," ucapnya.


Sedangkan, H Taberani mengaku sangat bersyukur bisa bergabung di lingkungan Bawaslu Tabalong.


“Saya akan terus berusaha dan beradaptasi serta mengejar ketertinggalan memahami tugas dan fungsi pengawasan pemilu," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner