Liga Champions

Manchester City Juara UEFA Champions League Musim 2022/2023.

Manchester City akhirnya resmi keluar sebagai kampiun dari UEFA Champions League musim 2022/2023.

Featured-Image
Perayaan juara Manchester City di final UEFA Champions League musim 2022/2023, Minggu (11/6). (Foto: dok.mancity)

bakabar.com, JAKARTA - Manchester City akhirnya resmi keluar sebagai kampiun dari UEFA Champions League musim 2022/2023.

Klub dengan julukan The Citizen ini berhasil mengalahkan lawannya di final, Inter Milan dengan skor akhir 1-0 lewat gol tunggal Rodri di menit ke-68.

Gelar ini menjadi yang pertama untuk klub Manchester Biru sekaligus melengkapi gelar mereka di musim ini.

Klub yang bermarkas di Etihad Stadium ini mampu merengkuh tiga gelar musim ini dengan menjuarai Premier League, FA Cup, dan terakhir tentunya trofi 'si kuping besar' UEFA Champions League.

JALANNYA PERTANDINGAN

Sejak dimulainya pertandingan, kedua tim bermain cukup ketat. Dalam laga yang berlangsung di Ataturk Olympic Stadium Istanbul, Turki, Minggu (11/6) dini hari, Manchester City yang lebih dulu menebar ancaman lewat bomber mereka Erling Haaland.

Baca Juga: Guardiola Ingin Man City Pertahankan Gundogan

Pemain asal Norwegia ini mampu lolos dari perangkap offside dan melepaskan sepakan keras yang masih bisa diatasi oleh kiper Inter, Andre Onana.

Tetapi di final ini, City harus kehilangan maestro lapangan tengahnya, Kevin De Bruyne akibat cedera yang dialami pada menit ke-35. Phil Foden pun menjadi Opsi dari sang pelatih Pep Guardiola.

Akhirnya hingga turun minum kedua tim belum mampu untuk menciptakan gol.

Babak kedua giliran Inter yang mengganti penyerangnya Eden Dzeko dengan Romelu Lukaku.

Baca Juga: Sikat Man United 2-1, Man City Juara Piala FA!

Tetapi tak lama dari pergantian tersebut, justru City yang berhasil menciptakan gol. Memanfaatkan pantulan bola hasil umpan silang Bernardo Silva, Rodri dengan sambarannya mampu membuat bola masuk ke gawang Inter.

Menit 68 City menggungguli Inter 1-0.

Respon cepat sempat diperlihatkan Inter. Skuad Nerazurri -julukan Inter- hampir menyamakan skor andai sundulan Federico Dimarco tidak membentur mistar gawang.

Menit 77, anak asuh Pep Guardiola hampir saja menambah pundi-pundi golnya. Sepakan keras dari Foden dengan jarak yang cukup dekat sempat membuat Inter semakin tertinggal. Beruntung Onana dengan sigap mampu mengatasi.

Baca Juga: Resmi ke MLS, Ini Alasan Messi Pilih Inter Miami Ketimbang Al-Hilal dan Barcelona

Skuad asuhan Simone Inzaghi punya peluang emas dimenit akhir. Sempat terjadi kemelut di mulut gawang Ederson Moraes, heading Lukaku cukup membuat kiper City ini kaget. Beruntung kaki dari Ederson masih mampu menahan laju bola sehingga batal masuk ke gawang.

Peluang Lukaku menjadi yang terakhir dipertandingan ini. Tidak ada gol yang kembali tercipta hingga akhirnya wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan untuk kemenangan City.

Klub asal Manchester ini pun berhak menyandang status juara UEFA Champions League musim 2022/2023.

SELAMAT MANCHESTER CITY!

Editor


Komentar
Banner
Banner