Pemilu 2024

Mahfud MD Ingin Libatkan Anak Muda dalam Benahi Penegakan Hukum

Mahfud MD, bakal calon wakil presiden Ganjar Pranowo, bertemu sejumlah anak muda di gedung Arsip Nasional Indonesia, Jakarta Barat, Rabu (18/10).

Featured-Image
Mahfud MD saat berpidato dalam acara deklarasi capres-cawapres di kaawasn ANRI, Jakarta Barat, Rabu (18/10). Foto: Nandito

bakabar.com, JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD bertemu sejumlah anak muda dalam deklarasi pencalonannya sebagai cawapres Ganjar Pranowo.

Dalam deklarasi yang berlangsung di Gedung Arsip Nasional Indonesia, Jakarta, Rabu (18/10), Mahfud menyatakan persoalan utama Indonesia saat ini adalah lemahnya penegakan hukum.

Dia mengatakan kalau saja penegakan hukum dilakukan dengan baik dan benar, setengah dari persoalan bangsa bisa selesai.

"Kalau hukumnya bagus, maka ekonomi akan bagus, infrastruktur akan bagus, kehidupan lain pun akan bagus. Perdagangan dan lain-lain," kata Mahfud MD.

Baca Juga: Mahfud MD Surati Jokowi Minta Bertemu Usai jadi Cawapres Ganjar

Menurut Menkopolhukam ini, penegakan hukum harus memberikan kepastian terhadap penguasa elit dan meberikan perlindungan terhadap kalangan masyarakat biasa.

Mahfud menilai selama ini penegakan hukum di kalangan penguasa-elit kerap tidak memberikan kepastian. Sehingga hal tersebut memicu terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

"Ada tumpang tindih, ada korupsi, kolusi dan sebagainya. Sementara di bawah itu tidak mendapat perlindungan hukum," katanya

"Sehingga bagi saya ke depannya penegakan hukum itu ke atas harus ada kepastian dan ketegasan, ke bawah harus ada perlindungan hukum," dia melanjutkan.

Baca Juga: Keluarga Mahfud MD di Madura Yasinan 41 Hari Jelang Penetapan Cawapres

Untuk itu, pria kelahiran Madura ini meminta dukungan anak muda dalam mendukung penegakan hukum di Indonesia.

Mahfud bercerita dirinya terkesan tatkala mengeluarkan pernyataan di media sosial terkait buruknya penegakan hukum di Indonesia.

Mahfud mengatakan amplifikasi kritikannya di media sosial adalah bentuk kepedulian anak muda terhadap persoalan penegakan hukum yang masih belum maksimal.

"Kalau saudara punya tekad untuk ini, bisa kita lakukan bersama-sama," katanya.

Sebelumnya, Menkopolhukam Mahfud MD resmi didapuk menjadi cawapres Ganjar Pranowo untuk berlaga di Pilpres 2024.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahiim, calon wakil presiden yang dipilih PDI Perjuangan yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah Mahfud MD," kata Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Rabu (18/10).

Editor


Komentar
Banner
Banner