Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2023

Luar Biasa! Rahmat Erwin Abdullah Rebut Emas dan Ciptakan Rekor di Kejuaraan Dunia 2023

Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah sukses membawa pulang 1 emas dan 1 perak, serta memecahkan Rekor Dunia Clean and Jerk di Kejuaraan Dunia 2023

Featured-Image
Rahmad Erwin Abdullah. (foto: antara)

bakabar.com, JAKARTA - Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah berhasil membawa pulang 1 emas dan 1 perak, serta memecahkan Rekor Dunia Clean and Jerk di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2023

Bertanding di Riyadh, Arab Saudi, Senin (11/9) malam, Rahmat turun di Grup B kelas 81 kg berhasil mengumpulkan total angkatan 354 kg. 

Pada jenis angkatan Snatch, Rahmat Erwin Abdullah hanya melakukan sekali angkatan yakni, 145kg. Ia tidak merubah berat angkatannya itu pada kesempatan kedua dan ketiga.

Namun, pada angkatan Clean and Jerk, lifter kelahiran Makassar, 13 Oktober 2000 itu memulainya dengan angkatan seberat 195 kg. Ia kemudian menambah beban 5kg menjadi 200 kg pada angkatan kedua dan berhasil.

Baca Juga: Cuma Hadir di Kejuaraan Dunia, Rizki Juniansyah Jaga Asa ke Olimpiade

Kesempatan melakukan angkatan ketiga, Rahmat berhasil mempertajam Rekor Dunia jenis angkatan Clean and Jerk menjadi 209 kg dari rekor sebelumnya 208 kg yang diciptakan lifter berusia 19 tahun asal Bulgaria, Nasar Karlos May Hasan, pada Kejuaraan Dunia 2021.

Kepastian Rahmat meraih emas di jenis angkatan Clean and Jerk itu setelah para pesaingnya yang bercokol di Grup A hanya mampu mengangkat barbel dibawah Rahmat yakni 209 kg.

Andreev Bozhidar (Bulgaria) harus puas meraih perak karena hanya mampu mengangkat beban seberat 195 kg. Sedangkan, peraih perunggu, lifter Turkmenistan, Torayev Gaygysyz hanya mampu mengangkat seberat 193 kg di jenis angkatan Clean and Jerk itu.

Medali perak yang juga berhasil dibawa pulang Rahmat berasal dari Total Angkatan seberat 354kg. Emas untuk kategori ini diraih lifter Italia, Reyes Martinez Oscar (356bkg), sedangkan perunggu diraih oleh lifter Uzbekistan, Toshtemirov. M (352 kg).

Baca Juga: Demi Olimpiade 2024, Herry IP Resmi Tangani Ganda Campuran

Keberhasilan Rahmat memecahkan Rekor Dunia untuk jenis angkatan Clean and Jerk di kelas 81 kg itu, merupakan Rekor Dunia kedua yang berhasil dipertajamnya. 

Sebelumnya, di kelas yang berbeda yaitu 73bkg, ia juga berhasil memecahkan Rekor Dunia dari rekor lama yakni 198bkg yang diciptakan lifter asal China, Shi Shiyong berhasil dipertajamnya menjadi 200bkg di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 di Gran Carpa Americas Corferias, Bogota, Kolombia.

"Luar biasa. Ia adalah satu-satunya lifter Indonesia yang berhasil memecahkan Rekor Dunia angkatan Clean and Jerk di dua kelas yang berbeda yakni 73 kg dan 81 kg. Maka ia pantas mendapat julukan 'The King of Clean and Jerk'," papar Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) PB PABSI, Hadi Wihardja. 

Menurutnya, bekal dari Kejuaraan Dunia itu, merupakan modal dasar baginya ketika berlaga di Asian Games Hangzhou, China, dalam waktu dekat ini.

Baca Juga: Desak Made Rita Jadi Atlet Indonesia Kedua Lolos Olimpiade 2024

"Saya optimistis. Ia mampu membawa medali di Asian Games nanti. Walaupun ia harus berlaga di Kandang Naga," ungkapnya.

Meski sudah mengantongi tiket berlaga di ajang Olimpiade Paris 2024, dari kelas 73 kg, lifter asal Sulawesi Selatan itu, berpeluang untuk mengantongi tiket di kelas atas yakni 89 kg.

Mengingat, kelas 81 kg tidak dipertandingkan pada ajang multi event terbesar di dunia tersebut. 

Editor


Komentar
Banner
Banner