Hot Borneo

Tahun Ini, Pembangunan Tugu Nol Kilometer Banjarmasin Dilanjutkan

Pengerjaan fisik bangunan yang menelan total biaya sekitar Rp160 miliar tersebut digarap dengan multi year atau tahun jamak.

Featured-Image
Desain tugu nol kilometer. Foto-dok apahabar.com

bakabar.com, BANJARBARU - Pembangunan tugu nol kilometer yang terletak di kawasan Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin, masih berlanjut tahun ini.

Tahun sebelumnya, pembangunan sampai tahap pengerjaan fisik struktur bangunan hingga lantai 4.

Pengerjaan fisik bangunan yang menelan total biaya sekitar Rp160 miliar tersebut digarap dengan multiyears atau tahun jamak.

Skema tersebut diambil menyesuaikan ketersediaan anggaran yang dimiliki Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel.

Sebab, anggaran pemprov sendiri tidak hanya untuk dinas PUPR saja. "Tapi untuk keseluruhan instansi," ujar Ryan Tirta Nugraha, Kabid Cipta Karya pada Dinas PUPR Kalsel, Senin (9/1).

Ryan menjelaskan, pada tahun 2022 awal pembangunan fisik tugu nol kilometer memerlukan biaya Rp26,9 miliar dan sudah selesai.

Akan dilanjutkan lagi di 2023 dengan anggaran baru. Pengerjaannya sama untuk satu kegiatan, tapi anggarannya yang dipisah-pisah atau skema tahun jamak.

"Tahun 2022 pengerjaan struktur bangunan dari pondasi sampai lantai 4," beber Ryan.

Ditambahkannya, tahun 2023 ini pengerjaan tugu nol kilometer ditarget rampung sampai titik paling atas. Ryan, menyebut, pengerjaan ditarget selesai di tahun ini meskipun belum bisa fungsional lantaran masih harus membangun landscape dan sebagai penunjang bangunan.

"Kami targetkan khusus tugunya, selesai tahun ini," imbuhnya.

Adapun anggaran yang masih diperlukan untuk menyelesaikan pembangunan tugu beserta fasilitas penunjang ini mencapai Rp128 miliar.

Anggaran tersebut akan dibagi dua tahun, yakni 2023 sebesar Rp88,8 miliar dan tahun 2024 sebesar Rp40 miliar. 

"Anggaran tersebut untuk menyelesaikan pembangunan tugu, teater, dan areal UMKM di sekitar tugu," ucapnya.

Bangunan tugu nol kilometer sendiri dirancang setinggi 99 meter, namun struktur inti hanya setinggi 66,6 meter. Selebihnya adalah bangunan semacam antena.

Dari desain rancang bangun pada area landscape tersebut bakal ada empat sampai lima titik untuk areal yang bisa dimanfaatkan UMKM lokal serta ada lokasi bazar, restorant, serta kafe.

Editor


Komentar
Banner
Banner