Kopi Luwak

Kopi Luwak Indonesia Masuk dalam Makanan Termahal di Dunia

Sejak berabad lalu kopi menjadi bagian dari tradisi minuman di Indonesia. Kopi luwak adalah kopi yang punya daya tarik khusus.

Featured-Image
Ilustrasi Kopi. Foto-net

bakabar.com, JAKARTA - Sejak berabad lalu kopi menjadi bagian dari tradisi minuman di Indonesia. Kopi luwak adalah kopi yang punya daya tarik khusus.

Kopi luwak tidak termasuk dalam jenis kopi berdasarkan wilayah. Kopi luwak adalah kopi yang diolah setelah dimakan oleh hewan luwak atau musang. Konon, kopi yang telah dimakan dan dikeluarkan kembali oleh luwak ini memiliki rasa yang khas dan cita rasa yang nikmat. Dan karena tak mudah mendapatkannya, maka kopi ini semakin langka dan harganya juga semakin tinggi.

Kopi yang unik ini sekarang masuk dalam makanan termahal di dunia. Media USA Today menulis tentang kopi luwak dan 9 makanan lain yang masuk dalam kategori makanan termahal di Amerika. Dalam artikelnya, USA Today menulis, kopi luwak dibuat dari biji kopi yang telah dimakan dan diekstrak oleh seekor luwak atau musang, salah satu hewan liar di Indonesia yang agak mirip dengan kucing.

Di dalam saluran pencernaan musang, biji kopi tersebut terfermentasi dan terpecah. Kopi tersebut keluar dari perut luwak melalui kotorannya. Lalu kopi dipanen dari kotoran ini, dicuci bersih dan kemudian dipanggang. Kopi ini digambarkan memiliki rasa yang kaya dan halus dengan sedikit aroma coklat dan karamel. Harga 1 pon kopi ini, atau sekitar 1,4 kg di Amerika bisa berharga hingga 600 US Dolar atau sekitar 8,4 juta per poundnya. Sedangkan harga per cangkirnya mencapai 100 dolar US atau sekitar 1,4 juta rupiah.

Baca Juga: World of Coffee Athens 2023, Indonesia Siap Tebar Aroma Kopi Special

Berikut 10 makanan yang termasuk dalam kategori makanan termahal di Amerika:

1. Albino Beluga Sturgeon Caviar
Ini adalah makanan paling mahal di dunia. Sebab harganya bisa encapai 34.500 dolar Amerika per kilogram atau sekitar 4,8 miliar. Ini sangat mahal karena langka dan bersumber secara eksklusif dari sturgeon Beluga Iran (juga disebut sebagai Huso Huso).

2. Saffron
Safron sebenarnya adalah sejenis bumbu yang terbuat dari kepala putik bunga saffron crocus yang telah dikeringkan. Safron memiliki rasa dan bau yang unik yang digambarkan seperti bunga, seperti madu dan sedikit pahit.Saffron dijual antara $10 dan $20 per gram. Saffron biasanya ditanam di Iran dan merupakan bahan umum dalam masakan Spanyol, Iran, Maroko, dan India.

3. Daging Kobe
Kobe merupakan jenis daging sapi yang berasal khusus dari sapi Wagyu. Untuk dianggap sebagai daging jenis Kobe, maka ternak harus dilahirkan, dibesarkan, dan diproses di Prefektur Hyogo Jepang di Jepang Barat.

Di Amerika Serikat, harga daging sapi Kobe bisa mencapai $25 hingga $50 per ons dan lebih mahal lagi harganya di restoran. Daging sapi Kobe unik dan khas karena urat putih lemak yang mengalir melalui daging, yang dikurasi melalui pola makan biji-bijiannya yang kaya.

Baca Juga: Menikmati Secangkir Kopi Luwak dengan Pemandangan Candi Pawon

4. Bluefin Tuna
Bluefin tuna atau tuna sirip biru adalah bahan pokok masakan sushi dan sashimi di Jepang. Ia memiliki rasa yang kaya, buttery atau mengandung mentega, dan tekstur yang lembut. Karena popularitasnya di seluruh dunia, penangkapan ikan yang berlebihan di Samudra Atlantik, Pasifik, dan Hindia telah membuat tuna sirip biru kini menjadi spesies yang terancam punah.

Di Tokyo pada Januari 2023, seekor tuna sirip biru seberat 212 kg dijual di pelelangan seharga $273.000, setara dengan $1.287 per kilo atau sekitar 18 juta per kilogram. Sepotong tuna sirip biru harganya antara $10 dan $80 di restoran sushi.

5. White Truffle
White Truffle atau jamur putih atau jamur Alba adalah truffle termahal di dunia. Jamur ini terutama ditemukan di wilayah Piedmont Italia, serta sebagian Kroasia dan Slovenia. Satu ons truffle putih bisa berharga lebih dari $250 atau sekitar 3,5 juta.

Truffle adalah spora yang dapat dimakan dari sejenis jamur bawah tanah dan memiliki rasa yang sederhana dengan sedikit bumbu kayu ek dan bawang putih. Truffle putih membutuhkan hubungan khusus dengan akar pohon untuk tumbuh dan bergantung pada hewan hutan untuk makan dan menyebarkan spora mereka.

6. Edible Gold Leaf
Ini adalah lembaran daun emas yang dapat dimakan. Lembaran emas ini sering dilapisi pada kue atau kue kering untuk aplikasi dekoratif dan benar-benar dapat dimakan asalkan antara 22 hingga 24 karat.

Lembaran emas yang dapat dimakan tidak berasa dan mengandung sedikit perak alami. Lembaran emas yang dapat dimakan ini berharga sekitar $169 hingga lebih dari $15.000, atau antara 2,3 juta hingga 210 juta per pon.

Baca Juga: Kopi Indonesia Unik, Erick: Jadi Pemain Utama Industri Kopi di Dunia

7. Luwak Coffee
Kopi luwak dibuat dari biji kopi yang telah dimakan dan dikeluarkan oleh musang, sejenis hewan mirip kucing liar Indonesia. Di dalam saluran pencernaan luwak, biji terfermentasi dan dipecah. Kemudian kopi dipanen dari kotoran luwak, dicuci bersih dan dipanggang.

Kopi ini digambarkan memiliki rasa yang kaya dan halus dengan sedikit rasa cokelat dan karamel. Saat dipanen di alam liar, satu pon biji kopi ini bisa mencapai $600 atau 8,4 juta dan satu cangkir bisa mencapai $100 atau sekitar 1,4 juta.

8. Elvish Honey
Elvish honey atau madu peri bersumber dari gua sedalam 1.800 meter di kota Artvin, Turki. Selain itu, madu ini tidak melibatkan peternak lebah atau sarang lebah. Madu ini diproduksi secara alami melalui lebah yang mengumpulkan serbuk sari dari bunga liar di sekitar hutan dan kemudian mengubahnya menjadi cairan di dalam gua. Rasa dan lokasi yang unik membuat madu Elvish terjual seharga $5.330 USD atau sekitar 74 juta per kilogram.

9. Iberian Ham
Ham Iberia (Jamón Ibérico) berasal dari kaki belakang babi hitam. Daging ini dimatangkan selama 24 hingga 36 bulan dan diproduksi di Portugal dan Spanyol. Setelah diproses, dagingnya diasinkan, dikeringkan dan didiamkan hingga tiga tahun

Karena lamanya kurasi, satu kaki Iberico Ham (13 hingga 17 ons) harganya antara $500 dan $4.500 USD atau sekitar 7 juta hingga 63 juta. Ham ini memiliki rasa pedas dengan sedikit biji, bumbu dan rempah-rempah dan disajikan dalam irisan tipis.

10. Oysters
Oysters atau tiram ditemukan di perairan payau di sepanjang pantai AS, dan Tiram Coffin Bay King membutuhkan waktu hampir tujuh tahun untuk matang sepenuhnya. Industri tiram mengalami kekurangan pasokan dan permintaan yang tinggi, menghasilkan sekarung tiram seharga $70 USD atau sekitar 980 ribu di dermaga.

Editor


Komentar
Banner
Banner