Tak Berkategori

Kontes Durian Kalsel di Kiram Meriah, 10 Ribu Buah Ludes Dimakan

apahabar.com, BANJARBARU – Kontes Durian Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Desa Kiram, Karang Intan, Kabupaten…

Featured-Image
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mencicipi buah durian dari 13 Kabupaten Kota di Kalsel, yang mengikuti lomba. Foto-apahabar.com/Zepi Al Ayubi

bakabar.com, BANJARBARU – Kontes Durian Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Desa Kiram, Karang Intan, Kabupaten Banjar berlangsung meriah.

Panitia pelaksana dari Dinas Pertanian dan Tanaman Hortikultura Kalsel, menyediakan 10 ribu buah durian untuk dimakan secara gratis oleh masyarakat.

Buah dengan rasa legit ini juga tidak hanya dua atau tiga jenis yang dihadirkan, tapi ratusan jenis dari 13 kabupaten, yang sebelumnya sudah dilombakan di tingkat regional kabupaten/kota.

“Ini kontes kedua kalinya untuk tingkat Provinsi Kalsel. Total ada 113 peserta yang ikut, 13 peserta dari kabupaten, sisanya kategori umum dari masyarakat dan petani durian di Kalsel,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel Syamsir Rahman, Kamis (24/1) siang.

Syamsir menjelaskan, pihaknya sengaja mengadakan kontes durian, di Desa Kiram Karang Intan ini. Selain menikmati durian, masyarakat juga dapat menikmati keindahan alam di tempat wisata Kiram park ini.

“Durian ini merupakan buah rakyat, yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Nantinya ribuan biji Durian ini, nanti akan ditanam dan disemai kembali. Sekaligus mendukung gerakan revolusi hijau yang sudah dilaksanakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel,” jelasnya.

Pada tahun depan, ungkap Syamsir, pihaknya juga akan melaksanakan lomba tingkat regional Kalimantan. Mulai dari Kalsel, Kalteng, Kaltim, Kaltara sampai Kalbar yang ikut dalam festival buah durian ini nantinya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan, festival Durian di Kalsel ini akan terus dilaksanakan dan dikembangkan kedepannya. Kedepannya, Kalsel juga akan siap menjadi tuan rumah Festival Durian Nasional dan Dunia.

“Semoga festival Durian ini dapat menaikkan pertumbuhan perekonomian. Dari segi penjualan buahnya dan pariwisata di Kalsel,” terangnya.

img

Masyarakat yang hadir di Festival Durian Desa Kiram Karang Intan Kabupaten Banjar terlihat antusias. Sepuluh ribu durian ludes dimakan para pengunjung. Foto- bakabar.com/Zepi Al Ayubi

Baca Juga:Syafruddin: HUT PDIP Bukan Arena Kampanye Caleg

Baca Juga:Kiai Maruf di Sambut Sinoman Hadrah di Bandara Syamsuddin Noor

Reporter: Zepi Al AyubiEditor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner