Religi

Konferwil NU IX 2023, Ulama se-Kalsel Akan Bahas Fikih Digital

Bahtsul Masail dalam acara Konferwil NU Kalsel akan membahas beberapa masalah dalam dunia digital yang memerlukan kepastian hukum menurut fikih. Hal ini sebagai

Featured-Image
Ketua LBM Kalsel, Kyai Khairullah Zain. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Permasalahan dalam dunia digital yang memerlukan kepastian hukum menurut fikih akan dibahas pada Bahtsul Masail di Konferwil NU Kalsel ke IX. Konferwil NU kali ini digelar di Ponpes Rakha Amuntai pada 8-11 Juni 2023.

"Insya Allah, dalam Konferwil yang mengundang para ulama se-Kalsel ini LBM PWNU Kalsel memfasilitasi acara Bahtsul Masail membahas masalah fikih dunia digital," ujar Ketua LBM PWNU Kalsel, Kyai Khairullah Zain.

Menurut Khairullah, seiring dengan kemajuan teknologi banyak hal baru yang belum dibahas hukumnya dalam kitab-kitab klasik, padahal setiap permasalahan memerlukan kepastian hukum fikih.

"Karenanya kami dari Lembaga Bahtsul Masail Kalsel akan mengajak para ulama se-Kalsel untuk membahas beberapa masalah yang terjadi di era digital ini," terangnya.

Beberapa masalah yang akan dibahas tersebut antara lain tentang hukum dropship, jual beli emas dan perak secara online, transaksi materi digital seperti aplikasi, akad jual beli yang diwakili oleh aplikasi secara otomatis, status penghasilan yang didapat dari iklan media online, melakukan sesuatu yang tidak lumrah dan disiarkan secara live demi mengharap pemberian alias mengemis online, penghasilan dari adsense dan beberapa masalah lainnya.

"Bahtsul Masail ini sangat berguna agar masyarakat kita sadar bahwa fikih senantiasa hadir di setiap lini dalam kehidupan kita," ujar alumnus lembaga pengkaderan ahli fikih Ma'had Aly Darussalam ini.

"Setiap orang yang melakukan sesuatu tanpa dia tahu kejelasan hukumnya, riskan terjatuh pada hal yang dilarang. Karenanya para ulama menekankan agar sebelum melakukan sesuatu harus tahu terlebih dahulu kejelasan hukumnya," tambahnya.

Ulama muda yang berdakwah hingga ke Australia ini berharap Bahtsul Masail pada Konferwil NU ke-IX ini berjalan lancar dan sukses.

"Semoga hasil Bahtsul Masail nanti bisa menjadi ilmu pengetahuan keagamaan yang bermanfaat untuk umat Islam, khususnya di banua kita," pungkasnya.

Baca Juga: Jelang Konferwil NU, Ketua LBM Kalsel Ajak Warga Nahdliyyin Salat Hajat

Editor


Komentar
Banner
Banner