komparasi motor

Komparasi Yamaha Lexi vs Suzuki Burgman Street 125EX, Siapa Menang?

Komparasi Suzuki Burgman Street 125EX vs Yamaha Lexi, dari adu harga, fitur, konsumsi BBM, hingga performa.

Featured-Image
Ilustrasi - Komparasi Yamaha Lexi vs Suzuki Burgman Street 125EX yang baru meluncur di Tanah Air. Foto: Harun/apahabar.com

bakabar.com, JAKARTA - Yamaha Lexi kedatangan pesaing baru yakni Suzuki Burgman Street 125EX yang meluncur di IMOS 2023.

Suzuki Burgman Street 125EX dan Yamaha Lexi menjadi rival karena keduanya adalah skuter matik (skutik) berbodi gambot dengan kubikasi mesin 125 cc.

Oleh karena itu, bakabar.com akan coba memberi komparasi Yamaha Lexi vs Suzuki Burgman Street 125EX dari sisi fitur dan harganya.

Dari sisi banderol, harga Yamaha Lexi ditawarkan Rp23 juta hingga Rp28,5 juta on the road (OTR) Jakarta untuk varian tertingginya yaitu S ABS.

Baca Juga: Konsumsi BBM Suzuki Burgman Street 125EX Diklaim Irit, Bakal Dirakit di Indonesia?

Varian tertinggi Yamaha Lexi disertai rem Antilock Braking System (ABS) dan tampilan elegan berkat sokbreker belakang tabung dan pelek berkelir emas.

Sementara Suzuki Burgman Street 125EX yang berstatus CBU India, hanya dijual dalam satu varian dengan harga Rp24,7 juta OTR Jakarta.

Padahal di India, Burgman Street 125 dilengkapi varian Connected dengan fitur Suzuki Ride Connection yang terhubung dengan smartphone.

Artinya Yamaha Lexi lebih banyak menyediakan opsi yang bisa dipilih sesuai keinginan calon pemiliknya.

Baca Juga: Empat Warna Baru Yamaha Aerox 155 Rilis di IMOS 2023, Harganya?

Namun bicara tampilan, desain Suzuki Burgman Street 125EX tampak lebih segar dan sporty berkat lekukan bodinya yang menajam dan berpadu dengan lampu LED serta Daytime Running Lights (DRL).

Sedangkan Yamaha Lexi sejak awal diluncurkan pada 2018 masih membawa desain yang sama. Meski begitu desainnya masih relatif modern dan terkesan simpel.

Ilistrasi - Desain Yamaha Lexi belum berubah semenjak pertama kali diluncurkan di Indonesia. Foto: yamaha-motor.co.id
Ilistrasi - Desain Yamaha Lexi belum berubah semenjak pertama kali diluncurkan di Indonesia. Foto: yamaha-motor.co.id

Yamaha Lexi juga mengusung pelek diameter 14 inci dengan ban depan 90/90 dan ban belakang 100/90.

Sementara Suzuki Burgman Street 125EX memakai pelek 12 inci dengan ban depan 90/90 dan belakang 100/80.

Baca Juga: Suzuki Burgman Street 125EX Meluncur di IMOS 2023, Ada Perbedaan dari Versi India

Perbedaan ukuran ban dan pelek tersebut, menimbulkan kesan lebih gagah pada Yamaha Lexi.

Sedangkan Suzuki Burgman Street 125EX dengan diameter pelek 12 inci tampil lebih gambot dan pendek.

Beralih ke dapur pacu, Burgman Street 125EX menggendong mesin 125 cc SOHC dengan pendingin udara dan sistem pembakaran fuel injection.

Mesinnya sudah dilengkapi teknologi Suzuki Eco Perfomance Alpha (SEP-a), Engine Auto Stop-Start (EASS) yang senyap dengan Idling stop system, hingga standar emisi Euro 5.

Baca Juga: Alva Riders Community Gelar Deklarasi, Siap Jadi The Game Changer

Performa motor baru Suzuki ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga 8,5 dk di 7.000 rpm dan torsi puncak sebesar 10 Nm di 5.500 rpm.

Sedangkan mesin Yamaha Lexi sudah menggunakan sistem fuel injection dengan pendingin cairan dengan teknologi Bluecore, VVA dan Stop & Start System (SSS) yang kinerjanya mirip dengan Idling Stop System.

Tenaga mesin 124,7 cc Lexi diklaim mencapai 11,7 dk di 8.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 11,3 Nm di 7.000 rpm.

Sehingga di atas kertas, mesin Yamaha Lexi lebih bertenaga dan lebih mampu berakselerasi meskipun performa puncaknya terdapat di rpm lebih tinggi dari Suzuki Burgman.

Ilustrasi - Fitur Suzuki Burgman Street 125EX. Foto: Harun/bakabar.com
Ilustrasi - Fitur Suzuki Burgman Street 125EX. Foto: Harun/bakabar.com

Soal fitur Suzuki Burgman Street 125EX, tersedia teknologi panel instrumen full digital, lampu LED plus DRL, rem depan cakram, dan soket charger USB di bagian dasbornya.

Sementara fitur Yamaha Lexi antara lain, starter Smart Motor Generator (SMG) yang senyap, lampu depan LED plus lampu hazard.

Baca Juga: Motor Listrik Honda EM1 e: Hadir Akhir Tahun, Harganya Rp45 Juta

ADa juga keyless dengan answer back system di varian S dan S ABS, soket charger USB di varian S dan S ABS, rem depan cakram, hingga teknologi pengereman ABS di varian S ABS.

Untuk akomodasi dan kenyamanan, dua skuter maxi ini memiliki laci untuk menaruh barang di bagian dasbor, dek dengan ruang kaki yang lega, hingga bagasi yang besar di bawah joknya.

Namun kapasitas tangki Suzuki Burgman Street 125EX lebih besar dengan volume 5,5 liter BBM. Sedangkan Yamaha Lexi hanya 4,4 liter.

Urusan efisiensi, konsumsi BBM Suzuki Burgman Street 125EX diklaim mencapai 52,6 km per liter berdasarkan mode pengujian WMTC.

Ilustrasi - mesin Yamaha Lexi memiliki konsumsi BBM yang diklaim mencapai 100 km per 2,08 liter. Foto: yamaha-motor.co.id
Ilustrasi - mesin Yamaha Lexi memiliki konsumsi BBM yang diklaim mencapai 100 km per 2,08 liter. Foto: yamaha-motor.co.id

Baca Juga: Kawasaki Luncurkan Motor Baru Bermesin 451 cc, Harga Rp160 Jutaan

Sedangkan konsumsi BBM Yamaha Lexi dapat mencapai 100 km per 2,08 liter atau kurang lebih seirit 48,1 km per liter.

Dari perbandingan ini, Suzuki Burgman Street 125EX memiliki sejumlah keunggulan dari sisi efisiensi BBM dan desain yang lebih atraktif.

Sementara Yamaha Lexi mampu menyajikan performa lebih tinggi, fitur yang lebih beragam, dan varian dan harga yang bisa dipilih sesuai kemauan konsumen.

Jadi mending pilih Burgman atau Lexi nih?

Editor
Komentar
Banner
Banner