komparasi motor

Komparasi Spesifikasi dan Harga Yamaha N-Max Vs Honda PCX 160

Komparasi spesifikasi dan harga skuter matik Yamaha N-Max dan Honda PCX 160 yang menjadi favorit di masyarakat Indonesia.

Featured-Image
Yamaha N-Max vs Honda PCX (Foto: Yamaha & Astra Honda)

bakabar.com, JAKARTA - Motor skuter matik (skutik) masih menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia untuk beraktivitas sehari-hari. Dua merek motor, Honda dan Yamaha pun selalu menjadi perbincangan hangat karena persaingannya.

Misalnya saja, Honda yang memiliki seri PCX 160, dan Yamaha yang memiliki seri N-Max. Keduanya sering menjadi perbandingan, baik dari segi spesifikasi maupun harganya.

Apahabar.com telah merangkum perbedaan antara kedua merk skutik tersebut. Apa saja yang berbeda?

Baca Juga: Yamaha NMAX Connected Kerjasama dengan Star Wars, Intip Sekeren Apa!

  • Perbandingan Mesin

Dari segi mesin, cukup terlihat perbedaan karakternya.  Meskipun begitu, keduanya tetap mengedepankan penggunaan mesin yang membuat motor memiliki konsumsi bakar irit, namun efisien.

Untuk Honda PCX 160, mesin yang digunakan memiliki tipe 160cc 4-valve, 4-stroke, eSP+ PGM-FI.

Mesin tersebut membuat PCX mampu bertenaga 16 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Baca Juga: Pilihan Ban Motor Honda Beat Sesuai Penggunaan beserta Harganya

Sedangkan, Yamaha Nmax 155 dibekali dengan mesin tipe 155cc 4-stroke, SOHC dengan Blue Core dan VV.

Dengan mesin tersebut, motor Yamaha N-Max mampu berakselerasi dengan tenaga 15,3 PS pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 13,9 Nm pada 6.500 rpm.

Kedua motor tersebut memiliki tangki bensin yang diletakkan di depan, persisnya di antara setir dan jok motor, namun memiliki kapasitas yang berbeda.

Kapasitas tangki Honda PCX 160 lebih besar daripada Yamaha Nmax 155, yaitu sekitar 8,1L. Sedangkan, tangki bensin Yamaha Nmax 155 Connected memiliki ukuran 7,1L.

Baca Juga: Yamaha All New Nmax 155 Punya Warna Baru, Cek Harganya

  • Perbandingan Fitur Keamanan

Dari segi keamanannya, Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax 155 Connected sama-sama memiliki fitur keamanan pilihan terbaik di kelasnya.

Terobosan terbaru PCX 160 adalah adanya sistem Selectable Torque Control untuk menyeimbangkan kerja putaran roda belakang untuk menghindari slip.

Lalu, Honda PCX memiliki sistem pengereman depan yang menggunakan teknologi Combined Brake System (CBS) yang dikombinasikan dengan Anti-Lock Brake System (ABS). Namun, sistem pengereman belakangnya menggunakan cakram hidrolik.

Baca Juga: ION Mobility Kebut TKDN 50 Persen untuk Motor Listrik di Akhir 2023

Di sisi lain, Yamaha Nmax 155 memiliki sistem rem depan dan belakang bertipe sama dengan Hydraulic Single Disc Brake.

Motor matic ini juga memiliki fitur yang berguna mencegah adanya resiko ban belakang selip, yang bernama Traction Control System (TCS).

Selain itu, kemanan di Yamaha N-Max diperlengkap dengan adanya performa keamanan ban yang semakin maksimal dengan adanya dual-channel ABS.

  • Harga, Mana yang Lebih Murah?

Dari segi harga pun menarik untuk dibahas. Pasalnya, ketersediaan spare-part dan harga jual kembali yang cukup tinggi dari kedua motor tersebut menjadi nilai jual bagi keduanya.

Dari data yang dihimpun dari dealer Era Motor Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Yamaha N-Max, memiliki tiga varian yang tersedia, yaitu:

- All New Nmax 155, Rp31.615.000

- All New Nmax 155 Connected, Rp32.875.000

- All New Nmax 155 ABS Connected, Rp35.750.000

Baca Juga: Yamaha All New Nmax 155 Punya Warna Baru, Cek Harganya

Sementara itu, dari data yang dihimpun dealer Honda Mandala Jaya Abadi Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Honda PCX 160 memiliki dua varian yang tersedia, yaitu:

- PCX 160 CBS, Rp32.844.000

- PCX 160 ABS ACC, Rp37.662.000

Petugas di dealer Honda tersebut pun menyatakan Honda PCX mengalami inden selama satu hingga satu setengah bulan.

Terlihat, dari segi harga, Yamaha All New N-Max 155 lebih unggul karena lebih murah atau terjangkau dari Honda PCX 160. Namun, hal itu kembali lagi dengan selera dan kebutuhan dari para pecinta kedua merk skutik tersebut.

Editor


Komentar
Banner
Banner