Sepak bola nasional

Komite Wasit Klaim Liga 1 Indonesia Belum Siap Pakai VAR, Tapi…

Jimmy Napitupulu selaku anggota Komite Wasit PSSI menyatakan bahwa wasit Indonesia belum siap untuk memakai teknologi Video Asisten Referee VAR

Featured-Image
Penggunaan VAR di Stadion Gelora Bung Tomo untuk Piala Dunia u-17. Foto: Instagram/arya.m.sinulingga.

bakabar.com, JAKARTA - Jimmy Napitupulu selaku anggota Komite Wasit PSSI menyatakan bahwa wasit Indonesia belum siap untuk memakai teknologi Video Assisten Referee (VAR). 

Pasalnya, PSSI mengungkapkan bahwa teknologi VAR sendiri rencananya akan diberlakukan di kompetisi sepak bola Indonesia pada musim Februari 2024 mendatang.

"Belum siap mungkin kita baru pengenalan saja," kata Jimmy Napitupulu, dikutip Senin (20/11). 

Adapun saat ini, wasit Indonesia masih menjalani edukasi tentang penggunaan VAR melalui seminar dan pelatihan yang di adakan PSSI. 

Baca Juga: Piala Dunia U-17 Gunakan VAR, Bima Sakti Beri Pesan kepada Timnas

Jimmy juga menyatakan bahwa edukasi tersebut baru berjalan dua kali sesi dan sesi berikutnya akan berlanjut pada bulan Januari mendatang. 

Lebih lanjut lagi Jimmy menjelaskan bahwa wasit Liga 1 dan Liga 2 baru menjalani sesi penyampaian teknik dalam belum diuji secara penggunaannya. 

"Baru dia kali sesi, sesi berikutnya baru bulan Januari mendatang, namun yang jelas wasit ini belum di tes baru penyampaian dan tekniknya saja,"imbuh Purwanto dan Jimmy. 

Selain itu, Jimmy menjelaskan bahwa penggunaan VAR ini sangat sulit untuk digunakan.Sehingga Indonesia membutuhkan wasit yang mempunyai SDM lebih untuk menjalankannya. 

Baca Juga: Pertama Kali Bermain dengan VAR, Timnas U-17 Tak Gentar

"Untuk VAR ini sangat sulit penggunaannya sehingga kita butuh wasit yang siap SDM-nya dan untuk pengguna VAR harus memakai wasit yang mempunyai badge-nya," pungkas Jimmy Napitupulu. 

Sehingga dalam artian teknologi VAR yang sudah dipasangkan di Empat Stadion Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia saat ini kemungkinan akan digunakan dibantu dengan wasit luar negeri. 

Editor


Komentar
Banner
Banner