Arus Mudik 2023

Kolinlamil TNI AL Angkut Ratusan Pemudik Pakai Kapal Perang

Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI Angkatan Laut memberangkatkan ratusan pemudik menggunakan kapal perang Indonesia (KRI) Banjarmasin-592

Featured-Image
Sejumlah pemudik yang akan melakukan perjalanannya menggunakan KRI Banjarmasin milik TNI AL di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (18/4). (Foto: apahabar.com/Ryan Suryadi)

bakabar.com, JAKARTA - Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI Angkatan Laut memberangkatkan ratusan pemudik menggunakan kapal perang Indonesia (KRI) Banjarmasin-592 dari Pelabuhan Tanjung Priok.

Para pemudik akan diantarkan ke kampung halamannya yang berada di wilayah Semarang Jawa Tengah dan Surabaya Jawa Timur, Selasa (18/4).

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan terdapat 861 pemudik yang tercatat mengikuti Program Mudik Gratis Tahun 2023 menggunakan KRI Banjarmasin-592. Sebanyak 52 di antaranya merupakan pemudik dibawah usia lima tahun.

Baca Juga: Ribuan Pemudik Mulai Memadati Pelabuhan Semayang Balikpapan

Program Mudik Gratis ini merupakan upaya membantu pemerintah dalam mengurangi angka kecelakaan saat gelaran Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Untuk itu bukan hanya pemudik, KRI ini pun turut mengangkut sebanyak 260 unit sepeda motor.

"Program ini dalam rangka membantu pemerintah mengurangi angka kecelakaan sepeda motor. Motor pemudik diparkirkan di dalam kapal, sedangkan pemudik bisa beristirahat," kata Ali.

Baca Juga: Ratusan Mobil Mulai Padati Pelabuhan Bakauheni-Merak Minggu Malam

Dia memastikan, KRI Banjarmasin-592 akan tiba di Pelabuhan Semarang, Jawa Tengah pada keesokan hari, yakni Rabu (19/4) dan Pelabuhan Surabaya pada lusa hari, Kamis (20/4).

Sedangkan arus balik menuju Jakarta dijadwalkan dari Pelabuhan Surabaya, Jawa Timur pada Selasa (25/4) dan Pelabuhan Semarang, Jawa Tengah pada Rabu (26/4) mendatang.

"Untuk konsumsi pemudik selama berada di dalam KRI Banjarmasin-592 disediakan atas bantuan BAZNAS dan keamanan dari POM AL. Begitu pun tenaga kesehatan disediakan bagi pemudik yang sakit," tambahnya.

Selain melepas KRI Banjarmasin-592, adapula pelepasan pemudik menggunakan sejumlah bus yang diperuntukkan bagi anggota keluarga Kolinlamil.

Editor


Komentar
Banner
Banner