Hot Borneo

Kolaborasi FPTI dan KNPI Tabalong, Bakal Bentangkan Merah Putih Raksasa di Tebing Ampik

apahabar.com, TANJUNG – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Tabalong kembali akan membentangkan bendera merah putih…

Featured-Image
FPTI Tabalong saat membentangkan bendera merah putih di Tebing Ampik tahun lalu. Foto-apahabar.com/Istimewa

bakabar.com, TANJUNG – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Tabalong kembali akan membentangkan bendera merah putih raksasa atau berukuran besar di Tebing Ampik, Jaro.

Jika pada 2020 dan 2021 merah putih yang dibentangkan berukuran 12×6 meter, maka pada peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini bendera yang dibentangkan berukuran 20×10 meter.

Ketua pelaksana kegiatan, Haris Fadillah, mengatakan untuk menyukseskan pengibaran bendera merah putih tersebut pihaknya berkolaborasi dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tabalong.

“Beberapa waktu lalu kita sudah berkoordinasi dengan KNPI Tabalong dan kita sepakat bersama-sama untuk mensukseskan kegiatan ini,” ujarnya, Senin (4/7).

Haris menyebut, nantinya acara tidak hanya diisi dengan pengibaran bendera, ada banyak rangkaian kegiatan untuk lebih memeriahkannya.

Malam sebelum pengibaran, akan diisi kegiatan makrab sekaligus dialog kepemudaan yang diisi oleh Ketua Umum KNPI Tabalong, Ari Wahyu Utomo.

Kemudian ada penampilan musik reagge serta penerbangan lampu lampion dan pembagian doorprize.

“Malam kita akan ada pembagian doorprize bagi peserta yang beruntung. Untuk doorprizenya kita siapkan peralatan camping dan lain-lainnya,” jelas Haris.

Sementara terkait persipan kegiatan, Haris mengungkapkan masih banyak yang harus mereka persiapkan dan kerjakan.

Mulai dari survei, membersihkan area tebing, serta melengkapi peralatan untuk kegiatan yang akan digunakan saat pengibaran nanti.

“Untuk survei baru satu kali kita lakukan. Nanti kita akan survei lokasi agar persiapan kita lebih matang,” ujarnya.

Mengingat waktu kegiatan masih cukup panjang, saat ini latihan rutin untuk para pengibar bendera yang melibatkan personel Vertical Rescue Tabalong masih terus dilakukan.

“Untuk latihan rutin tim pengibar sementara satu kali seminggu. Nanti menjelang kegiatan latihan akan lebih banyak lagi,” tambah Haris.

Terpisah, Ketua KNPI Tabalong, Ari Wahyu Utomo memastikan akan memberikan dukungan penuh kepada FPTI dan panitia pelaksana pengibaran.

Menurutnya, pengibaran bendera merah putih saat peringatan HUT RI 17 Agustus 2022 merupakan momen sakral, sehingga harus didukung penuh agar pelaksanaan sukses.

Ari berharap dengan adanya kegiatan pengibaran ini dapat membuat pemuda-pemudi di Tabalong lebih mengingat dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Semoga kita lebih dapat menghargai jasa dan perjuangan para pahlawan untuk kemerdekaan bangsa ini,” ujarnya.



Komentar
Banner
Banner