Tak Berkategori

KJRI Jeddah: Fenomena Jutaan Jangkrik di Masjidil Haram Tak Berbahaya

apahabar.com, JAKARTA – Jutaan serangga berjumlah masif menyerbu Masjidil Haram. Menurut informasi sementara yang didapat KJRI Jeddah, serangga…

Featured-Image
Jutaan jangkrik keluar dari lubang bawah tanah di sekitar Masjidil haram. Foto-net

bakabar.com, JAKARTA - Jutaan serangga berjumlah masif menyerbuMasjidil Haram. Menurut informasi sementara yang didapatKJRI Jeddah, serangga jenis jangkrik tersebut tak berbahaya.

“Sampai hari ini, belum ada info resmi dari Pemerintah Saudi. Menurut beberapa kontak, jangkriknya tidak berbahaya, seperti kerumunan lalat,” kata Konsul Pensosbud KJRI Jeddah Ahmad Syofian, seperti dilansir daridetikcom, Jumat (11/1/2019).

KJRI Jeddah masih terus mengamati perkembangan situasi terkait invasi serangga-serangga ini. Namun menurut Ahmad, kawanan jangkrik itu tak sampai memenuhi Kota Mekkah.

“Meski jangkrik dan belalang biasa dijumpai di Mekkah karena topografinya yang lembah, tapi terlihat di publik dalam jumlah yang masif ini baru pertama kejadian,” ungkap Ahmad.

Sebelumnya seperti dilansir Gulf Business dan The National, serbuan jangkrik hitam di Masjidil Haram membuat publik heran. Sejumlah foto dan video yang beredar di media sosial menunjukkan kawanan jangkrik menempel di dinding, lantai hingga pada pakaian para jemaah di kompleks Masjidil Haram.

Baca Juga:Ada Apa, Jutaan Jangkrik dan Belalang "Menginvasi" Makkah

Tak hanya di kompleks Masjidil Haram, jangkrik-jangkrik itu juga masuk ke rumah-rumah hingga sekolah di Mekkah. Pemerintah setempat pun melakukan desinfeksi besar-besaran.

Serbuan serangga dalam jumlah besar di kompleksMasjidil Haramdi Mekah,Arab Saudimembuat warga setempat heran. Fenomena semacam ini disebut belum pernah terjadi sebelumnya.

Seperti dilansirGulf BusinessdanThe National, Jumat (11/1/2018), serbuan jangkrik hitam di Masjidil Haram membuat publik bertanya-tanya. Sejumlah foto dan video yang beredar di media sosial menunjukkan kawanan jangkrik menempel di dinding, lantai hingga pada pakaian para jemaah di kompleks Masjidil Haram.

Para pengguna media sosial yang memakai tagar #jangkrik dalam bahasa Arab menyatakan rasa jijik pada pemandangan tak biasa itu. Mereka meminta penjelasan soal pemicu serbuan serangga ini.

“Pada Sabtu (5/1) malam, saya sedang salat di Masjidil Haram dan serangga ada di mana-mana, masjid dimasuki serangga-serangga, tidak hanya di halaman, tapi juga di sekitar Kakbah,” tutur Abdulwhab Soro (64) kepada media Uni Emirat Arab, The National.

“Saya sudah tinggal di Mekah seumur hidup saya dan saya tidak pernah melihat sesuatu seperti ini sebelumnya,” ucapnya.

Baca Juga:Dianggap Bocorkan Rahasia Militer, Surat Kabar Nigeria Digerebek Tentara

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner