Kebakaran Kilang Dumai

Kilang Dumai Meledak, DPR Desak Pertamina Audit Seluruh Kilang dan Depo

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno mendesak Pertamina agar segera melakukan audit keselamatan di berbagai lokasi kilangnya di seluruh Indonesia.

Featured-Image
Sekretaris Jenderal DPP PAN, Eddy Soeparno. (Foto: CNN Indonesia)

bakabar.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno mendesak Pertamina agar segera melakukan audit keselamatan di berbagai lokasi kilangnya di seluruh Indonesia.

Desakan tersebut menurutnya perlu dilakukan, sebab belum genap sebulan kebakaran di Depo Plumpang kasus serupa terjadi lagi di Kilang Pertamina Dumai.

Kejadianya kebakaran yang terus terulang, menurut anggota legislatif Fraksi PAN ini dinilainya terdapat masalah sistemik dalam operasional Pertamina selama ini. Kondisi tersebut yang menurutnya mendesak untuk dibenahi segera.

Baca Juga: Lagi, Kilang Pertamina Dumai Meledak!

“Pertamina harus lakukan audit investigasi dan audit keselamatan secepatnya. Bukan hanya pada Plumpang atau Dumai, tapi seluruh Kilang dan Depo Pertamina seluruh Indonesia,” katanya di Jakarta, Minggu (2/4).

Eddy menilai aspek pemadaman kebakaran tersebut menurutnya penting dalam proses penanggulangan kebarakan. Meski begitu, ia menyoroti penyebab terjadinya kebakaran.

"Siapa yang lalai atau sistem apa yang tidak bekerja hingga meledak? Ini harus ditemukan segera penyebabnya agar tidak terjadi pada Kilang dan Depo Pertamina lain,” lanjutnya," paparnya.

Baca Juga: Kebakaran Kilang Dumai, Humas Pertamina: Ledakan Sudah Ditangani

Eddy juga meminta Pertamina untuk bertanggungjawab atas korban luka yang dibawa ke rumah sakit dan warga sekitar Kilang Dumai yang terdampak ledakan ini

“Tanggung jawab penuh Pertamina terhadap korban luka dan rumah warga yang rusak serta plafon masjid yang runtuh akibat ledakan Kilang Dumai ini. Sekali lagi, pastikan tidak ada kejadian serupa terulang,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner