DPRD Balangan

Ketua DPRD Balangan Hadiri Mesiwah Pare Gumboh Ke-5

Acara tradisi masyarakat adat Dayak Deah, Desa Liyu, Desa Gunung Riut Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, Mesiwah Pare Gumboh”.

Featured-Image
Ketua DPRD Ahsani Fauzan Hadiri Mesiwah Pare Gumboh Ke 5 Di Desa Liyu, Kabupaten Balangan

bakabar.com, PARINGIN - Acara tradisi masyarakat adat Dayak Deah, Desa Liyu, Desa Gunung Riut, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, atau yang disebut dengan “Mesiwah Pare Gumboh” sukses dilaksanakan selama tiga hari sejak Jumat hingga Minggu 22–24 Juli 2023.

Mesiwah Pare Gumboh, telah menjadi event budaya setelah ditetapkan sebagai sebagai warisan budaya tak benda pada tahun 2022. Bahkan, event ini juga telah berhasil masuk Karisma Event Nusantara 2023, program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Dalam upaya untuk memperkuat persatuan dan kesatuan serta mengapresiasi keanekaragaman budaya lokal, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ahsani Fauzan, S.E, menghadiri acara penutupan Mesiwah Pare Gumboh.

Acara Tradisi Masyarakat Adat Dayak Deah ini merupakan salah satu ajang penting yang diadakan setiap tahun oleh Masyarakat Adat Liyu setempat untuk mempromosikan dan melestarikan beragam budaya yang dimiliki oleh masyarakat daerah.

Dalam acara penutupan yang berlangsung di Halaman Balai Adat, Ketua DPRD hadir bersama Komandan Kodim 1001 HSU-Balangan Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Tuhalus, pejabat pemerintah setempat.

Mesiwah Pare Gumbuh 5 ini berlangsung selama 3 hari dan menjadi ajang kumpulnya berbagai elemen masyarakat dalam perayaan tradisi dan seni yang khas dari daerah tersebut.

Mesiwah Pare Gumboh adalah wujud konkret bagaimana kita merayakan dan melestarikan kekayaan budaya yang dimiliki oleh daerah kita. Melalui kegiatan ini, kita dapat bersama-sama menghargai dan mengenali lebih dalam nilai-nilai luhur yang menjadi ciri khas dari masyarakat kita,” ujar Fauzan.

Lebih lanjut, Ketua DPRD juga menekankan pentingnya peran pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan budaya.

Dengan adanya dukungan yang kuat dari pemerintah, diharapkan festival budaya semacam ini dapat menjadi semakin berkualitas dan dapat menjangkau lebih banyak orang, termasuk wisatawan dari berbagai daerah.

Kehadiran Ketua DPRD di acara penutupan Mesiwah Pare Gumboh ini memberikan pesan kuat bahwa pentingnya mendukung upaya pelestarian dan pengembangan budaya lokal.

Semoga dengan adanya acara dan kegiatan budaya lainnya, kesadaran masyarakat tentang pentingnya melestarikan kekayaan budaya semakin meningkat, dan generasi mendatang dapat terus menerus merayakan dan menghargai warisan budaya yang luhur.

Editor


Komentar
Banner
Banner