Pemkab Tabalong

Kesiapsiagaan Karhutla, Puluhan UPBS se-Tabalong Latihan Bersama

Sebanyak 78 Unit Penanggulangan Bencana Swadaya (UPBS) se-Kabupaten Tabalong mengikuti latihan bersama.

Featured-Image
Perwakilan Forkopimda Tabalong melakukan penembakan sasaran kebakaran sebagai pertanda dimulainya latihan bersama. Foto - bakabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG - Sebanyak 78 Unit Penanggulangan Bencana Swadaya (UPBS) se-Kabupaten Tabalong mengikuti latihan bersama.

Latihan bersama yang diprakarsai Persatuan Relawan Tabalong (Pretab) ini digelar di Tanjung Expo Center, Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Tabalong, Minggu (8/9).

Kegiatan dibuka Kepala Pelaksana BPBD Tabalong, Haris Fakhrozi. Dihadiri Kasat Binmas Iptu Dedy Indarto mewakili Kapolres Tabalong, Kapten Inf Dwi Prayitno mewakili Dandim 1008/Tabalong, Camat Murung Pudak, Handi Yanuardi dan undangan lainnya.

Ketua Panitia yang juga Ketua Pretab Tabalong, Eddy Kurniawan, mengatakan, latihan bersama UPBS se-Tabalong ini dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Bumi Sarabakawa.

"Kegiatan ini diikuti 78 UPBS yang terdiri dari 70 kelompok putra dan 8 kelompok putri. 2 di antaranya dari Ladyfire dari Kabupetan Hulu Sungai Utara (HSU) dan Balangan," katannya.

Eddy berharap berkat latihan bersama ini relawan Pretan dan UPBS lainnya dapat siap siaga untuk menangani karhutla. 

"Terkait itu, dalam menghadapi karhutla kami siap digunakan baik dari segi personil maupun dari segi peralatan," tegasnya.

Eddy mengucapkan terima kasih kepada BPBD Kabupaten Tabalong yang telah mensupport penuh kegiatan yang pihaknya laksanakan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada BPBD, Basarnas dan pihak lainnya yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Tabalong, Haris Fakhrozi, meminta kepada para peserta untuk sportif dalam perlombaan latihan bersama ini.

"Serahkan semuanya dengan panitia dan juri terkait sistem pelaksanaan kegiatan ini," pintanya.

Menurut Haris, kegiatan ini juga sebagai evaluasi untuk kegiatan selanjutnya, karena beberapa waktu ke depan akan dilaksanakan kegiatan yang lebih besar lagi.

"Makanya hari ini harus damai, diperlukan ketegasan dari panitia. Jika ini sukses kita akan gelar Jambore Relawan se-Tabalong," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner