Kebakaran Gunung Arjuno

Kepala BNPB Pantau Karhutla Gunung Arjuno Lewat Udara

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto melakukan peninjauan udara untuk memantau kebakaran hutan dan lahan di Gunung Arjuno.

Featured-Image
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto usai melakukan peninjauan udara untuk memantau kebakaran hutan dan lahan di Gunung Arjuno, Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (8/9). Foto: BNPB

bakabar.com - Pasuruan, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto melakukan peninjauan udara untuk memantau kebakaran hutan dan lahan di Gunung Arjuno, Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (8/9).

Letjen TNI Suharyanto menjelaskan kebakaran hutan dan lahan di Gunung Arjuno yang terjadi sejak Sabtu (28/8) menjadi perhatian pemerintah pusat.

"Sebab, titik api dilaporkan meluas mulai dari wilayah administrasi Kabupaten Malang, Pasuruan, Mojokerto hingga Kota Batu dalam kurun waktu sepekan terakhir," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/9).

Usai melakukan peninjauan udara, Kepala BNPB memimpin rapat koordinasi penanganan karhutla Gunung Arjuno bersama jajaran unsur forkopimda setempat. Dalam rapat tersebut Kepala BNPB meminta seluruh pihak terkait agar terus mengupayakan operasi pemadaman.

Baca Juga: Karhutla di Kalimantan, Pengamat: Berdampak Buruk Terhadap Warga

Baca Juga: WO Asal Lumajang Ditetapkan Jadi Tersangka Penyebab Kebakaran TNBTS

"Baik melalui darat maupun udara, menggunakan metode water bombing dengan bantuan helikopter BNPB," terangnya.

Lebih lanjut Kepala BNPB juga mengimbau kepada masyarakat termasuk penyedia dan pengguna jasa wisata untuk lebih berhati-hati dan menjaga kawasan Gunung Arjuno agar tidak terjadi kebakaran serupa.

"Sebab, menurut hasil penyelidikan sementara oleh pihak Pemprov Jatim, kebakaran terjadi karena faktor manusia," jelasnya.

Usai memimpin rapat, Kepala BNPB menyerahkan bantuan berupa Dana Siap Pakai senilai 750 juta berikut logistik maupun peralatan guna mendukung upaya pemadaman karhutla di Gunung Arjuno.

Editor
Komentar
Banner
Banner