Pertemuan Pelaku Pariwisata

Kenalin "Travex", Forum Bisnis Pelaku Pariwisata ASEAN

Kemenparekraf/Baparekraf menggelar "Travel Exchange" (Travex) yang merupakan forum bisnis bagi para pelaku usaha pariwisata antara negara ASEAN.

Featured-Image
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar "Travel Exchange" (Travex) yang merupakan forum bisnis bagi para pelaku usaha pariwisata antara negara ASEAN.

"Travex ini digelar bersamaan dengan Penyelenggaraan 'ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023' di Yogyakarta pada 2 hingga 5 Februari," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan tertulis, Rabu (1/2).

Menurut dia, "Travex" menjadi salah satu agenda utama ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang diselenggarakan di Jogja Expo Center (JEC).

"Jadi, 'Travex' ini berupa bursa pariwisata yang mempertemukan sesama pelaku usaha pariwisata selaku buyers dan sellers," katanya.

Baca Juga: Asosiasi Perjalanan: Pariwisata Indonesia Terhambat Kompetensi SDM

Ia mengatakan, sejumlah program di "Travex" menjadi agenda penting bagi industri pariwisata dan masyarakat selama ATF 2023, di antaranya sesi B2B "exhibitor" dan "seller" yang terdiri dari ASEAN NTOs, ASEAN Tourism Industries, Travel and Tourism Hospitality Industries, hotels & accommodation industries, TA/TO, serta pelaku MICE.

"Ada juga sesi B2C yang akan menjadi tempat transaksi langsung antara business kepada customer melalui Pameran Pariwisata Indonesia, Festival Kuliner, dan Pameran UMKM Ekonomi Kreatif," paparnya.

Sandiaga mengatakan, sesi B2C ini merupakan catatan sejarah karena merupakan yang pertama dalam sejarah ATF.

"Untuk menggairahkan penjualan, diadakan pula program promo gratis ongkir. Produk-produk di pameran ini bisa dikirim ke seluruh ASEAN tanpa biaya," ujar Sandiaga.

Baca Juga: Resmikan KEN 2023, Jokowi: Pariwisata Harus Digenjot 2 Kali Lipat

Ia mengatakan, hal lain yang berbeda adalah, ATF tahun ini juga akan menghadirkan pameran seni. Sejumlah lukisan dan payung karya seniman Indonesia dipamerkan ke hadirin internasional.

"Sebuah pameran seni dalam ATF, atau bisa kita sebut: ArTF," ungkapnya.

TRAVEX menghadirkan 157 sellers dan 136 buyers yang berasal dari 29 negara di antaranya  sembilan negara ASEAN, enam negara Asia, sembilan negara Eropa, lima Timur Tengah, satu Amerika Utara, dan Australia. Adapun tema yang diusung adalah "ASEAN: A Journey to Wonderful Destinations".

"Tema ini merepresentasikan harapan utama dari sektor pariwisata dalam mengembangkan destinasi wisata utama regional dan internasional serta memperkuat posisi ASEAN sebagai akselerator pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner