News

Resmikan KEN 2023, Jokowi: Pariwisata Harus Digenjot 2 Kali Lipat

Presiden Jokowi mengatakan, tahun ini menjadi momen tepat kebangkitan pariwisata di Indonesia.

Featured-Image
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan virtual peresmian Kharisma Event Nusantara 2023, Jakarta (28/1). Foto/Dok.Yooutube Kemanparekraf

bakabar.com, JAKARTA - Presiden Jokowi optimis, tahun ini menjadi momen tepat kebangkitan pariwisata di Indonesia. Jokowi juga mengajak masyarakat untuk berwisata di dalam negeri daripada di luar negeri agar mendongkrak pertumbuhan wisatawan nusantara.

"Pariwisata kita harus digenjot sekencang-kencangnya, harus dua kali lebih banyak daripada tahun sebelumnya," ujar Jokowi saat memberikan sambutan virtual peresmian Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (28/1).

Presiden Jokowi mengajak stakeholder untuk berkolaborasi untuk memperbaiki kualitas destinasi dan memperbanyak event-event yang menarik.

Baca Juga: Tourism Outlook 2023: Pariwisata Bali Jangan Sepelekan Pasar Domestik Bali

Selain itu mantan walikota Solo tersebut juga mengimbau agar selalu menampilkan inovasi dan kreativitas untuk meningkatkan daya saing wisata nusantara.

"Infrastruktur pariwisata yang di sekitar kita tingkatkan dan kemudian transportasi konektivitas, terus peningkatan SDM, dan akomodasi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan bangkit dan lebih pulih lebih cepat," tambah Jokowi.

Dikesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan Kharisma Event Nusantara tahun ini diharapkan mampu menggerakkan perekonomian daerah.

"event-event harus ini bisa dirasakan manfaatnya bagi UMKM, kita ingin menghadirkan UMKM baik kuliner fashion maupun juga kriya dan lainnya," ujar Sandiaga uno, saat peresmian Kharisma Event Nusantara 2023.

Baca Juga: G20 Buka Peluang Bisnis Bagi UMKM Terutama Sektor Pariwisata

Perlu diketahui KEN merupakan sebuah strategi kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Pemerintah Daerah dan stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Tahun ini KEN kembali merangkum 110 event unggulan yang telah terkurasi dari 291 event usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia.

Selain itu ada 110 event budaya dan 65 event musik, olahraga, creative event. Proses kurasi KEN 2023 sendiri telah dilakukan pada November – Desember 2022 oleh tim kurator profesional.

Editor


Komentar
Banner
Banner