News

Kemenhub Persiapkan Bandara Kertajati Untuk Layani Penerbangan Umroh pada November 2022

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama pemangku kepentingan tengah menyiapkan Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat,…

Featured-Image
Bandara Kertajati. Foto: Republika.co.id

bakabar.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama pemangku kepentingan tengah menyiapkan Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, untuk melayani penerbangan embarkasi dan debarkasi umroh pada November 2022 mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan dengan adanya penerapan zonasi penerbangan umroh dari Bandara Kertajati oleh Kementerian Agama, diperkirakan Bandara Kertajati akan kedatangan sekitar 40.000 orang dalam kurun waktu Januari hingga Mei 2023. Selain itu Menhub berharap pesawat umroh yang berangkat dari Bandara Kertajati dapat melakukan penerbangan langsung ke Arab saudi.

"Koordinasi intensif dengan Kemenag dan Pemda terus dilakukan agar persiapannya bisa dilakukan dengan matang," ujarnya saat memimpin rapat pembahasan kesiapan Bandara Kertajati layani penerbangan umroh, Kamis (18/8).

Dia menambahkan dengan adanya penerbangan umroh ini diharapkan kedepan akan banyak penerbangan dari daerah lain, seperti Kalimantan - Kertajati - Jeddah yang akhirnya dapat membuat Kertajati lebih ramai.

Menurutnya kedepan akses menuju bandara juga akan ditingkatkan dengan penyediaan angkutan jalan. Maka itu Kemenhub mendukung upaya yang dilakukan stakeholder baik dari operator sarana dan prasarana penerbangan, pemerintah daerah, dan pihak swasta dalam rangka menggerakan kembali aktivitas penerbangan di Bandara Kertajati, yang sebelumnya terdampak akibat pandemi Covid-19.

Saat ini Bandara Kertajati aktif melayani penerbangan kargo dengan jumlah volume kargo yang terus mengalami peningkatan. Tercatat pada Desember 2021 pergerakan sebesar 15 ton per hari, kemudian pada bulan Juli mengalami peningkatan mencapai 40 sampai 60 ton per hari.

Beberapa maskapai yang melayani penerbangan kargo di Bandara Kertajati diantaranya PT. Rafles Global Angkasa (Asia Cargo) dan PT. Trigana Air Service. Bandara Kertajati juga akan meningkatkan kapasitas layanan kargo menjadi 100 ton per hari atau 3.000 ton perbulan

"Ini suatu upaya yang patut diapresiasi, meski masih di tengah pandemi sekarang setiap hari ada penerbangan kargo di Kertajati yang volumenya dilaporkan semakin meningkat," tutup Menhub. (Thomas)

Tags
News


Komentar
Banner
Banner