Piala Dunia 2022

Kejutan Skuat Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022, Panggil 20 Calon Debutan

Sekalipun memiliki banyak pemain berpengalaman, Timnas Spanyol justru memasukkan 20 nama calon debutan dalam skuat Piala Dunia 2022.

Featured-Image
Dipanggil pelatih Luis Enrique, Gavi menjadi pemain termuda dalam sejarah Timnas Spanyol di Piala Dunia. Foto: Marca

bakabar.com, JAKARTA - Sekalipun memiliki banyak pemain berpengalaman, Timnas Spanyol justru memasukkan 20 nama calon debutan dalam skuat Piala Dunia 2022.

Total 26 pemain yang dipanggil pelatih Luis Enrique. Hanya 6 nama di antaranya yang pernah mencicipi bermain di Piala Dunia.

Mereka adalah Sergio Busquets, Dani Carvajal, Cesar Azpilicueta, Jordi Alba, Koke Resureccion dan Asensio. Busquets menjadi sosok paling berpengalaman, karena merasakan 4 Piala Dunia.

Artinya sebanyak 20 pemain La Furia Roja sama sekali belum pernah bermain di Piala Dunia. Mereka di antaranya Ansu Fati, Unai Simon, Marcos Llorente, Nico Williams, Hugo Guillamon dan Jose Gaya.

Khusus pemanggilan Ansu Fati, Luis Enrique sedikit berjudi. Penyebabnya performa winger Barcelona ini tidak kunjung membaik, setelah kembali dari cedera.

Sepanjang musim 2022/2023, Ansu Fati sudah mencatatkan 20 penampilan di berbagai kompetisi. Akan tetapi, pemain yang digadang-gadang menggantikan Lionel Messi ini hanya mencetak 3 gol dan 3 assist.

"Itu menjadi salah satu keraguan utama hingga menit terakhir. Saya telah mempertaruhkan Ansu Fati di atas pemain lain," papar Enrique seperti dilansir BolaSport.

"Apakah Ansu mendekati level terbaik? Kami akan melihat semua yang terjadi selama Piala Dunia. Namun pemanggilan ini bisa menjadi stimulus besar Ansu untuk kembali ke permainan terbaik," imbuhnya.

Selain 20 debutan, skuat Timnas Spanyol didominasi Barcelona yang menempatkan 7 pemain. Selain Sergio Busquets dan Ansu Fati, Enrique juga memanggil Eric Garcia, Jordi Alba, Pedri, Gavi dan Ferran Torres.

Pemanggilan itu membuat Gavi membukukan rekor sebagai personel termuda Timnas Spanyol di Piala Dunia. Gelandang berusia 18 tahun dan 98 hari ini memecahkan rekor Cesc Fabregas.

Cesc Fabregas yang sekarang membela Como di Serie B Liga Italia, berumur 19 tahun dan 41 hari ketika dibawa ke Piala Dunia 2006.

Sebaliknya Real Madrid cuma diwakili Dani Carvajal dan Marco Asensio. Ini merupakan jumlah paling sedikit di skuad Piala Dunia sejak 1950.

Berikut daftar skuat Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022:

Kiper: Unai Simon (Athletic Club), Robert Sanchez (Brighton & Hove Albion), David Raya (Brentford)

Bek: Cesar Azpilicueta (Chelsea), Dani Carvajal (Real Madrid), Eric Garcia (Barcelona), Hugo Guillamon (Valencia), Pau Torres (Villarreal), Aymeric Laporte (Manchester City), Jordi Alba (Barcelona), Jose Gaya (Valencia)

Gelandang: Sergio Busquets (Barcelona), Rodrigo Hernández Cascante (Manchester City), Pablo Martín Páez Gavira (Barcelona), Carlos Soler (PSG), Marcos Llorente (Atletico Madrid), Pedro González López (Barcelona), Koke Resurreccion (Atletico Madrid)

Penyerang: Ferran Torres (Barcelona), Nico Williams (Athletic Club), Yeremi Pino (Villarreal), Alvaro Morata (Atletico Madrid), Marco Asensio (Real Madrid), Pablo Sarabia (PSG), Dani Olmo (RB Leipzig), Ansu Fati (Barcelona)

Editor


Komentar
Banner
Banner