Perlombaan MTQ

Tenggarong Seberang Gelar MTQ Menuju Ajang Kabupaten

Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Lomba Musabaqah Tilawah Quran (MTQ) tingkat Kecamatan.

Featured-Image
Suasana MTQ Tingkat Kecamatan di Tenggarong Sebrang. Foto: Istimewa.

bakabar.com. TENGGARONG - Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Lomba Musabaqah Tilawah Quran (MTQ) tingkat Kecamatan.

MTQ yang diselenggarakan pada 15-21 Oktober 2023 di Desa Buana Jaya itu, diikuti peserta dari 18 desa yang ada di Kecamatan Tenggarong Seberang untuk mendapatkan para pelantur Alquran terbaik.

Ajang bertema "Kita Wujudkan Generasi Islami Yang Cerdas, Berakhlaqul Karimah serta Toleran dalam Kehidupan Menuju Tenggarong Seberang Rukun Damai Sejahtera" menggelar sejumlah kategori yang dilombakan.

Baca Juga: Kecamatan Kota Bangun Darat Persiapkan MTQ Tingkat Kabupaten Ke-44

Konten yang dikompetisikan di MTQ ini, di antaranya Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP), Lomba Adzan, Lomba Melukis Islami, Lomba Kaligrafi Islam (LKI), Lomba Pidato PAI (LPP), dan Khutbah Jum’at. 

Lomba ini digelar sebagai bentuk persiapan menjelang MTQ tingkat kabupaten, yang akan digelar November mendatang di Kecamatan Kota Bangun Darat. 

Camat Tenggarong Seberang, Tego Yuwono mengungkapkan lomba MTQ ini digelar untuk menyeleksi anak-anak terbaik, yang akan mewakili Tenggarong Seberang di MTQ tingkat Kabupaten, di Kecamatan Kota Bangun Darat, Jumat (10/11).

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

"Dari lomba ini kami ingin ada bibit-bibit khafilah MTQ di semua desa, nanti bisa melihat potensi potensi yang ada di desa itu apa saja. Mulai kelas dai cilik atau pildacil dan Qoriahnya. Jadi kita seleksi di tingkat kecamatan baru nanti mewakili kecamatan ke tingkat kabupaten." ujarnya, Sabtu (28/10).

Untuk pembinaan MTQ di Tenggarong Seberang, ada beberapa pondok pesantren dan kelompok pengajian di setiap desa yang melakukan pembinaan. Tego menegaskan, Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang siap mendukung pengembangan MTQ.

"Harapan saya potensi-potensi syiar agama itu muncul bibit-bibit baru nantinya. Sebab kita sudah lima kali meraih juara di tingkat provinsi, sehingga harus ada generasi penerusnya nanti,” tukasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner